Sabtu, 15 Agustus 2015

Nostalgia 17 agustus

"17 agustus tahun 45.. itulah hari kemerdekaan kita..nana..nana.. dan nana..." oke gue emang kagak hafal sama lagu 17 agustusan, seterah lo mau judge gue apa, yang jelas cinta tanah air itu gak mesti hafal sama semua lagu kebangsaan, cukup dengan belajar biar bener dan toleransi terhadap semua agama itu juga udah cukup kok cinta terhadap tanah air gue sendiri #Ngeles oke lupakan soal lagu, oh iya sedikit lagi negara kita bakalan ulang tahun, yaps senin besok tepatnya tanggal 17 agustus 2015 negara kita yang kita cintai ini bakalan ulang tahun yang ke-70!! wow..amazing yah.. setara sama umur almarhum kakek gue.

biasanya diusia yang semakin tua seharusnya negara indonesia ini harus lebih maju dong ya dari tahun-tahun sebelumnya. ya, gue berharap negara indonesia di usia yang ke-70-nya bukan bisa lagi untuk berkembang, tapi gue berharap bisa lebih maju karena indonesia harus lebih maju lagi untuk menjadi negara maju dan setara sama negara asia kayak jepang,korea,singapur dan lain dah pokoknya. ya intinya sih negara indonesia bisa melebarkan sayapnya sampe ke kancah dunia dan dikenal sama semua orang bule yang di luar sana, bukan hanya pulau bali aja yang bule kudu harus tau! tapi semua isi yang ada di indonesia ini mesti orang bule ketahui kalau indonesia itu punya kekayaan yang melimpah *asik, omongan gue udah kayak dosen*

dan biasanya dihari kemerdekaan itu setiap daerah-daerah maupun pelosok-pelosok yang ada di indonesia itu turut andil dalam memeriahkan ulang tahun negara indonesia, misalnya kayak tiup-tiup sangkakala, bakar elpigi 3kg dan hal ekstrem lainnya *oke itu fake banget* di daerah rumah gue sendiri, kalau lagi 17 agustusan biasanya sering ngadain kegiatan lomba-lomba gitu, kayak nangkep belut terus belutnya di taro di toples, kalau enggak main bola tapi main bolanya itu make kebaya. wah pokoknya heboh dah. tapi seandainya kalau gue jadi panitia 17 agustusan, mungkin gue bakalan ngadain lomba yang anti mainstream banget yang belum orang lain coba! misalnya lomba nge-hack sistem Pentagon yang ada di amerika, terus nangkep uler anak konda make sumpit dan sebagainya.. *oke lupakan itu semua*
gedung pentagon

yaps dipostingan gue kali ini gue bakalan bernostalgia! apa ajasih yang sering orang-orang indonesia lakuin kalau 17 agustusan lagi berlangsung? oke langsung aja ini dia cekidot bro.. *kuncir rambut*

1. Upacara Bendera Merah Putih


dulu pas gue masih duduk dibangku homeschooling, kalau 17 agustusan hal yang paling sering dilakuin sama sekolah gue ialah ngadain upacara bendera. yaps itu emang udah hal wajib banget disetiap sekolah, pokoknya upacara bendera 17 agustus sama upacara setiap hari senin yang sering kita lakuin pas di sekolah itu beda! yaps pokoknya beda!!!

bedanya dimana dik?

biasanya kan kalau upacara bendera di hari senin itu, paling serangkaiannya cuma sedikit. naikin bendera, nyanyi indonesia raya, doa kemudian penutup, selesai.. tapi kalau upacara 17 agustusan itu serangkaian acaranya itu lumayan agak panjang dan menyita banyak waktu, makanya dulu pas jiwa patriotisme gue masih naik turun kayak followers, setiap upacara 17 agustusan gue selalu cabut, cabutnya gak tanggung-tanggung! cabutnya ke warung nasi padang *tjakep

2. Jalan Sehat

oke mungkin yang ngadain jalan sehat gak semua RT ataupun RW, paling cuma sebagian aja mungkin, tapi kalau di daerah rumah nenek gue tepatnya di daerah jonggol, setiap agustusan pasti selalu ngadain yang namanya jalan sehat! jalan sehat ini semacem acara kayak konvoi gitu, tapi konvoi yang dilakuin ini bukan untuk demo yang sering lo liat di TV-TV, tapi konvoi ini melainkan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan indonesia gitu sob! 

pokoknya setiap jalan sehar itu, setiap warganya dikhususin untuk make seragam olahraga, *ya iyalah make pakaian olahraga, masa celemek, situ mau olaharaga apa mau demo masak?* yaps dan lebih serunya lagi, setiap akhir dari acara jalan sehat ini pasti ada hadiah menarik! waktu itu nenek gue pernah juara, yaps hadiahnya itu adalah kawin lagi *oke ini ngasal banget* nenek gue dapet panci kecil gitu, katanya sih lumayan buat masak mie instan sama ngerebus aer buat masak kopi.

3. Lomba

kalau 17 agustus dateng itu tapi kagak ada lomba, ibarat pacaran LDR-an, ngomong kangen doang tapi kagak pernah ketemuan *asik* biasanya sih lomba-lomba yang sering diselenggarain itu macem-macem sob, entah itu nangkep belut make mulut, masukkin koin make hidung atau juga hal yang ekstrem yang pernah gue temuin yaitu makan sarang lebah tapi lebahnya masih ada di dalem *oke ini fake banget* kalau lomba, biasanya gue paling jago itu makan kerupuk! yoi kalau di daerah rumah gue itu lomba makan kerupuknya itu lebih unik dan komplit! 

biasanya kan kalau lomba makan kerupuk itu paling cuma tali terus kerupuk yang harganya gak seberapa, tapi kalau lomba makan kerupuk di daerah rumah gue beda sob! disini kerupuknya dicampur make nasi, terus kuah rendang, cumi isi telor, daun singkong sama sambel ijo! *lah ini lomba makan kerupuk apa lomba makan nasi padang?* yoi di daerah rumah gue mah lombanya anti mainstream banget sob, terus kalau 17 agustusan itu lomba yang gak boleh dilewatin banget itu panjat pinang!! yaps..walaupun gue kagak pernah nyoba lomba ini, tapi menurut gue lomba yang satu ini unik dan yang pasti menghibur sob!

dari gugel, *sumpah ini gue ngakak*

gimana gak unik? setiap orang bahu-membahu sambil tindih-tindihan untuk sampe puncak, ya tujuannya sih cuma satu buat ngambil hadiah yang di iket di puncaknya sob! setiap ada lomba panjat pinang di daerah rumah gue, pokoknya gue kagak pernah ngelawatin moment yang unik ini. tapi sih kalau gue jadi panitia 17 agustusan, gue bakalan ngadain lomba panjat pinang yang anti mainstream banget! yoi biasanya kan kalau lomba panjat pinang pada umumnya itu pasti make batang pohon pinang kalau enggak bambu..yaps menurut gue itu mainstream banget, tapi kalau gue jadi panitia, itu bakalan gue ubah biar menarik dan intinya sih gak mainstream, yoi panjat pinangnya make batang pohon kaktus.

4. Acara Tv seru-seru

seperti hari-hari libur nasional pada umumnya, biasanya kan setiap libur lebaran idul fitri ataupun libur natal, pasti acara TV-nya itu seru-seru. sama halnya kayak 17 agustus, acara TV pasti bakalan nayangin program-program yang gak kalah seru, dan yang pasti temanya itu tentang perjuangan ya sob.. waktu itu gue pernah nonton acara TV pas agustusan, judul filmnya itu kalau gak salah "Tukang sekuteng jatuh cinta"  *lah ini kok kayak judul FTV?* judul acaranya itu gue lupa, yang jelas yang main itu ada darius sinatria, terus dony alamsyah dan gue lupa lagi siapa aktornya, maklum gue kagak begitu hafal sama nama-nama artis indonesia, soalnya jarang nonton gosip *tsah..* 
 
5. Malem puncak

yaps..malem puncak! yang gue maksud disini bukan malem-malem tidur di puncak! bukan.....!!! tapi yang gue maksud malem puncak disini itu, kayak semacem hal terakhir atau hal penutup dari semua acara! oke kalau di daerah rumah gue itu setiap malem puncak pasti selalu ada panggung, yoi..ketua panitia agustusan di rumah gue selalu nyewa organ tunggal atau dangdut, ya katanya sih buat ngeramein suasana aja sob biar gak kaku kayak beha baru.  dan yang pasti malem puncak disini itu bukan hanya nyewa dangdut ataupun nyanyi-nyanyi aja sob, malem puncak di daerah rumah gue, biasanya tempat untuk pembagian hadiah juga. biasanya kan siangnya itu lomba dan malemnya itu pas malem puncaknya untuk pembagian hadiahnya. 

ya pada intinya sih 17 agustusan itu emang mesti dirayain lah sob.. lagian juga untuk mengenang para pahlawan juga. apalah artinya indonesia tanpa mereka-mereka semua, mungkin saat ini kita masih belum merdeka dan yang pasti pada saat ini gue kagak bisa nge-blog sampe sekarang ini *asik* oke kayaknya postingan gue tentang nostalgia tentang hari kemerdekaan sampe disini aja dulu, berhubung kuota gue lagi kembang-kempis kayak hidung lagi flu..gue sudahi aja dulu sampe disini oh iya lupa, selamat ulang tahun buat indonesia yang ke-70 tahun, semoga diusia yang semakin tua indonesia bisa lebih baik lagi dan yang pasti bisa lebih dikenal sama semua orang di dunia, entah di bumi maupun di planet namek.. sekian..

10 komentar:

  1. Kalo Gue sih pasti rindu banget sama lomba2 17 an soalnya hampir semua lomba gue ikuti, walaupun cuma beberapa yg juara

    BalasHapus
  2. sama gan, gue juga kagak bakal bisa ngelupain lomba 17 agustusan, tapi gue sering juara.. wkwk

    BalasHapus
  3. paling sering ikutan acara 17an. paling sering ikut aubade ama jadi petugas kesehatan :)

    BalasHapus
  4. dodon jery : kalau gue mah 17 agustusan, lebih sering diem dirumah sambil galer..wkwk

    BalasHapus
  5. Bener kak, biasanya upacara 17 Agustusan itu lebih lama dari biasanya ._. tapi nggak papa deh, menghargai jasa para pahlawan #asek :))


    kalau boleh visit blog saya ya kak, goldaiueo.blogspot.com hihi makasiih

    BalasHapus
  6. afifah golda : hehehe yoi, merdeka!
    oke oke gue visit nanti sist..

    BalasHapus
  7. panjat pinang adalah ciri khas hari kemerdekaan,mesti ada

    BalasHapus
  8. yang lucu lagi ngambil belut sama ibu2,pada geli

    BalasHapus
  9. perlombaan yang sudah jarang sekarang adu bantal diatas kolam, kayanya karena kemarau ya he he

    BalasHapus