Rabu, 12 Agustus 2015

IP lo berapa???


"bro IP lo berapa bro??" 
"IP gue ini bro.. 11.25.225..." 
"*kemudian digampar bill gates..*" 

oke yang gue maksud disini bukan IP adress ya sob..tapi IP(Indeks Prestasi). udah tau kan? jadi IP itu sejenis kacang-kacangan yang berasal dari arab, yang suka dibawa sama orang-orang pulang umroh ataupun haji..*sumpah ini gak bener banget* oke serius..IP itu adalah indeks prestasi mahasiswa jadi selama kuliah itu mahasiswa akan dinilai dari nilai tugas, nilai kehadiran, ujian tengah semester, sama ujian akhir semester itu semua bakalan dikalkulasiin semua terus dibagi dan hasilnya itu..adalah IP(indeks prestasi).  biasanya sih sob IP itu sering banget dijadiin acuan buat para mahasiswa-mahasiswa yang ada di kampus. nah, emakin tinggi IP yang lo dapet, itu menandakan betapa pinternya diri lo.. eits..enggak juga sih.. bisa aja mahasiswa dapet IP gede itu karena cheating.. ya you knowlah..alias curang pas ujian, kayak gue. *benerin kacamata*

tapi kagak ngapa..biar orang tua gue bangga ngeliat IP gue gede, makanya gue berusaha setiap ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester, gue selalu bikin catetan kecil gitu buat ngemudahin ujian..*sumpah ini jangan di tiru*, nah makanya sob biar kalian kalian semua yang baca postingan gue kali ini biar dapet IP-nya gede sering-seringlah belajar, karena belajar bisa bikin kita pandai *asik* nah..pasti sebagai mahasiswa pasti kalian pernah kan denger atau sering ketemu sama temen, dan nanyain IP, gue yakin pasti pernah..

gue pernah, malahan banget dan sering ketemu sama orang-orang kayak gitu dikampus gue, biasanya mereka-mereka bakalan mamerin IP mereka yang dapet IP-nya tinggi.. tapi kalau mereka-mereka yang IP-nya kecil, paling-paling mereka cuma bisa nyeset-nyesetin tangannya make pensil 2B.
ironis sih emang.. belajar selama satu semester atau itungannya itu sekitar 6 bulanan cuma untuk memperebutkan nilai yang bisa dikatakan kecil, yaitu 3 kalau enggak 4.. yaps for your information aja, nilai IP itu paling tinggi 4 kalau enggak 3.

nah, maka dari itu sob ironis kan? belajar selama 6 bulan cuma nyari nilai 3,  kalau enggak 4.  kenapa enggak 10 kalau enggak 100 gituhh?? biar mahasiswanya dapat terpacu lebih giat lagi..*asik*  tapi sayang gue bukan mentri pendidikan.. kalau gue mentri pendidikan mungkin gue bakalan naikkin nilai IP, yang tadinya nilai IP tertinggi itu 4, bakalan gue taekkin jadi 10 *benerin kerah*. 
dan terkadang juga temen kita yang ada di kampus itu kagak punya rasa hati nurani, bayangin aja coba, pernah semester 1 kemarin gue punya temen namanya samsul, kebetulan IP-nya samsul pas semester 1 ini dapetnya kecil, cuma 0,002. gue juga gak tau kenapa si samsul bisa dapet IP seindah itu. 

ketika samsul dapet IP segitu, banyak temen-temennya samsul yang bullying samsul, tapi sebagai temen yang baik hati dan dapet IP 3,9 gue cuma bisa ngesabarin samsul doang dengan memamerkan IP gue ke samsul.. "sul liat deh IP gue 3,9 keren kan?" *kemudian gue digetok samsul make buku skripsi* , ya namanya juga temen.. maka dari itu gue bakalan ngasih tips buat kalian yang notabenenya mahasiswa, pasti gak mau kan punya IP rendah kemudian di bullying sama temen-temen yang ada di kampus lo? oke maka dari itu simak penjelasan dari gue tips supaya IP lo gede..cekidot men!!!

1. Deketin dosen 
 

tips pertama biar IP lo dapet gede adalah deketin dosen! ini menurut gue wajib banget, karena dosen itu kan mahluk tuhan paling tidak sempurna..mereka sering lupa sama nama-nama mahasiswa yang ada di kampus, ya iyalah sering lupa, di kampus itu kan bukan hanya 20 kalau enggak 30 mahasiswa, tapi bisa ratusan kalau enggak ribuan..

nah maka dari itu, biar dosen enggak cepet ngelupain kalian dengan mudah, cari mukalah sama dosen kalau enggak deketin beliau..seterah kalian mau dengan cara apa deketin dosen, tapi deketin dosen kalau gue boleh kasih saran sih jangan yang mainstream lah.. kayak nyapa terus tukeran nomor telfon terus janjian di hotel..sumpah itu basi banget! ketika kalian udah deket dan udah akrab niscaya nilai kalian pas UTS dan UAS bakalan ada perbaikan, ya..seenggaknya gak jelek-jelek amatlah.. 

emang tujuannya ngedeketin dosen itu biar dapet apaan sih dik? nilai doang emang??

oke gue jelasin..sebenernya tanpa dideketin pun dosen juga bakalan ngasih nilai juga ke kalian.. tapi ngasihnya itu loh yang terkadang gak sesuai sama harapan kita, nah tujuan ngedeketin dosen itu utamanya sih buat ngedapetin bahan atau materi ujiannya sob! oh iya..kadang juga kisi-kisi yang dikasih dosen itu kagak sesuai juga sama harapan..dosen nyuruhnya A tapi yang keluar malah Y.. itulah sifat dosen, suka ngejebak mahasiswa.. jadi udah tau kan? tujuannya ngedeketin dosen itu untuk apa? yaps...bener supaya dapet bahan atau materi yang lebih real atau lebih konkrit buat ujian..jadi buat kalian yang pengen dapet IP-nya gede good luck deh buat ngedeketin dosen..gue juga gitu kok sering carmuk ke dosen gue sendiri *benerin toga* 

2.  Bikin catetan kecil pas UTS/UAS

kata orang nyontek itu pangkal koruptor..kata orang nyontek itu pangkal bodoh.., alah bulshit, gue yakin yang  bikin jargon-jargon seperti itu dulunya orang munafik, ya gimana gak munafik? gue yakin setiap mahasiswa dari universitas yang terkenal kayak universitas indonesia sampe universitas BSI, gue yakin mereka-mereka pernah ngelakuin hal curang pas UTS ataupun UAS..

kok lo tau sih dik?

nebak aja sih.. siapa tau tebakan gue jitu dan kebukti kebenerannya, oke jadi gini buat kalian yang terobsesi banget buat nge-gedein IP. bikin catetan kecil pas ujian itu menurut gue hal yang wajib banget, karena tuhan menciptakan otak manusia itu kapasitasnya terbatas, makanya para ahli dan ilmuan jaman terdahulu menciptakan buku! nah fungsi buku itu sendiri adalah buat merekam memori-memori yang pernah dilakukan oleh manusia ketika lagi balajar.. ketika lupa, mereka tinggal buka aja halaman per halaman.. 

seperti itulah fungsi catetan kecil ketika kalian lagi ngelaksanain ujian, kalau lupa tinggal buka halaman per halaman aja.. makanya buat kalian yang lagi berusaha nge-gedein IP jangan meduliin orang mau berkata apa yang penting aku bahagia~ owh~ owh~ owh~ *kok kayak lagu-nya armada ya*  iya intinya jangan meduliin orang mau bilang apa, lagian gue yakin semua orang didunia ini pernah ngelakuin yang namanya nyontek..presiden pantai gading pun gue yakin pernah ngelakuin nyontek pas beliau masih jadi mahasiswa.


3. Kerjasama 

kalau kata guru sosiologi SMA gue, manusia itu adalah makhluk sosial, makhluk yang tidak bisa hidup sendiri tanpa pertolongan dari orang lain dan harus melakukan interaksi supaya terjadi hubungan timbal balik antara individu yang satu dan ke individu yang lainnya *asik*  yaps..berkat guru sosiologi SMA gue, akhirnya gue bisa mengartikan apa itu arti dari "KERJASAMA" yaps.. kerjasama dalam hal kebaikan itu emang diwajibkan banget.. diajaran agama gue, kerjasama itu hal yang paling diutamain banget, karena menurut agama gue kerjasama itu bisa mengokohkan tali silaturahmi *asik* 

nah..maka dari itu sob..buat kalian yang lagi berusaha banget buat ngebanggain orang tua kalian dengan nilai IP yang gede, ikutin saran gue yang satu ini.. kerjasama lah sama temen-temen kalian ketika ujian lagi berlangsung. menurut gue kerjasama ketika lagi UAS/UTS bisa dibilang efektif juga, jadi kalian gak usah repot-repot nyari banyak jawaban, tinggal diatur aja sama temen-temen kalian yang ada di kelas.  so..buat kalian yang pengen ngegedein IP mesti kompak, eits..tapi inget kalau kerjasama jangan sampe ketahuan sama dosen..

4. Belajar yang rajin
 
yaps..pada hakikatnya manusia itu emang harus dituntut belajar supaya pinter, kalau kalian emang kagak sanggup ngelakuin point-point di atas, berarti kalian harus belajar sedini mungkin ketika mau ngelaksanain ujian.. kalau kata temen gue, namanya samsul.. yaps samsul ini temen gue dari semester satu kebetulan jurusan kita berdua itu sama yaitu sama-sama teknik..

samsul pernah cerita sama gue, selama ini IP dia itu dapet 3, dan nilai-nya itu diraih tanpa kecurangan ataupun nyontek.. dan gue selalu inget kata-kata samsul yang masih membekas di hati gue*asik* iya kata samsul itu.. "ketika lo dapet IP 3, dengan kemampuan otak sendiri..disitu ada rasa kepuasan tersendiri."  yaps, sensasi dapet IP 3 dari hasil nyontek sama gak nyontek itu emang beda kayak ada manis-manisnya gitu..*lah

5. Berdoa 


kalau kata guru ngaji gue, setiap tindakan itu mesti diiringin sama doa, katanya biar berkah.. yaps, gue selalu ngelakuin ini ketika ujian lagi berlangsung! berdoa menurut gue bukan cuma untuk makan, minum ataupun selesai boker aja. ternyata doa juga bisa ngebantu lo diberbagai hal.. ya kayak itu tadi nge-gedein IP! nge-gedein IP tanpa berdoa itu sombong *asik*  

oke kayaknya point-point dari gue biar lo dapet IP-nya gede, kayaknya sampe disini aja dulu, berhubung jari jari gue udah pada keriting udah kayak overdosis hormon testosteron, maka gue udahin aja dulu sampe disinin.. semoga bermanfaat buat kalian yang lagi terobsesi banget buat ngegedein IP.. *asik* #SalamSuper

3 komentar: