Jumat, 26 Desember 2014

Minggu Tenang Sebelum UAS


assalamualaikum para pembaca blog gue yang budiman gak kerasa ya udah hari sabtu(lagi) itu tandanya buat gue harus *ehm ngemilin saripuspa(lagi)*eh biasanya kalau hari sabtu udah menyatroni kediaman gue, gue cuma bisa berdoa semoga orang-orang yang lagi berbahagia sama gebetannya di luar sana supaya hubungannya cepet kandas <-Single Sirik
iya gak tau kenapa kayaknya bunda maria belum berpihak sama gue soal ngasih gebetan, jadi wajar aja kalau setiap sabtu malam, jadwal tidur gue itu lebih cepet daripada biasanya, kecuali...kalau lagi ada acara bola, jadwal tidur barbie jadi agak keganggu *asik

oh iya berhubung gue maba alias mahasiswa baru gue bakalan cerita sedikit yang berkaitan dengan UAS, yoi Ujian Akhir Semester! walaupun gue belum ngelaksanain UAS tapi gue yakin..disebagian kampus diluar sana pasti udah ada yang ngelaksanain tradisi UAS. berhubung kampus gue ngadain UASnya itu bulan januari sekitar tanggal 26, jadi gue masih bisa bersantai-santai, ya walaupun bisa santai-santai tapi gue juga harap-harap cemas juga, soalnya kata temen gue UTS (ujian tengah semester) sama UAS itu beda, beda dimananya dick?

iya beda di pendalaman materinya, biasanya kan kalau UTS itu materi-materi yang dikasih itu gak banyak, jadi masih bisa kehafal atau istilahnya sih udah diluar otak gitu men..soalnya rata-rata UTS itu soalnya gak lebih dari 5, itu juga essay semua men! 
nah..beda lagi sama UAS, kalau kata senior gue sih UAS itu pendalaman materinya lebih banyak, hal-hal yang udah lo pelajari dari tatap minggu pertama sampe tatap minggu terakhir, itu keluar semua! bayangin coba.. jurusan yang gue ambil itu jurusan teknik! gak kebayang kan kalau UASnya  itu kayak apa?  dulu sih pas UTS nilai terendah gue itu fisika, yoi maklum aja soalnya dulu basic gue kan IPS, jadi gak faham lah tentang apa-apa aja teori newton atau einstein!

jadi jangan salahin gue juga, kenapa mobil bisa bergerak dari yang tadinya diam, menjadi bergerak statis dan jangan salahin gue juga, kenapa batu yang di lempar dengan ketinggian 18m, jatuh dengan kecepatan yang tinggi! please..gue gak tau!! makanya men..nilai fisika gue waktu itu jelek*nangis dibawah keran*

oke lupakan soal fisika, karena gue gak bakalan ngebahas pelajaran dewa disini! tapi kali ini gue bakalan ngejelasin Minggu Tenang sebelum UAS! yoi.. biasanya kan kalau dulu pas sekolah pasti sebelum semesteran pasti gak ada tuh yang namanya minggu tenang atau sejenisnya lah.. kecuali kalau lo mau Ujian Nasional, baru ada minggu tenangnya gitu. makanya gue bersyukur banget bisa jadi mahasiswa, karena kalau ujian udah mau deket, ada minggu tenangnya jadi minggu tenangnya ini bisa gue manfaatkan untuk nonton FTV  iya gue manfaatkan untuk belajar, supaya IPK gue 4.00 *benerin kerah*   yoi men, soalnya gue gak mau aja ngecewain ayah dan bunda gue*tsah iya kasian aja si bapak gue kerja pagi pulang malem cuma buat biayain anak anaknya suapaya pendidikannya itu lebih tinggi dari beliau *asik *hiks  

balik lagi ke minggu tenang, sebenernya banyak banget men hal yang bisa lo lakuin di minggu tenang ini sebelum lo maju untuk mengeksekusi ujian, nah..daripada lo bingung mau ngapain di minggu-minggu tenang, gue bakal ngasih solusi! hal apa aja yang mesti lo lakuin di minggu tenang sebelum UAS berlangsung! oke langsung aja ini dia cekidot men!!!

1. Belajar

hal yang gak mungkin lo lewatkan di minggu tenang sebelum UAS adalah Belajar, banyak orang pengen nilai UAS nya tinggi, tapi mereka sendiri gak pernah manfaatkan waktu minggu tenangnya ini untuk belajar *kayak gue* iya dulu pas masih UTS ujian tengah semester, gue kagak pernah belajar fisika yang gue pelajarin cuma mata pelajaran kuliah yang wajib doang, pas ujian fisika berlangsung gue mati kutu men! soalnya gue kagak belajar dan sekaligus, gue kagak punya basic sama sekali tentang apa-apa aja teori newton gitu, alhasil pada saat itu gue cuma bisa diam tertunduk lesu dan rasa kantuk pun mulai menggerogoti cara berfikir gue*asik

kemudian gue tidur dengan nyenyaknya di dalem kelas dan kertas ujian fisika pun gue jadikan alas untuk bersandar pipi gue yang imut ini*tsah semingu kemudia, akhirnya dosen mata kuliah gue yang ngajar fisika akhirnya bilang "kamu sudah bisa lihat hasil ujian kalian di akun kalian masing-masing..." gue sih kagak ngarep nilai fisika gue tinggi soalnya gue udah pesimis pasti nilai gue tipis! 
dan yaps..bener nilai fisika gue jelek tapi alhamdulillah masih ada yang jelek dibawah gue, ya bener temen gue! *evil laugh*

ternyata masih ada yang lebih bego daripada gue, pada saat itu juga gue kagak jadi galau *bakar dupa* nah..maka dari itu men..buat lo lo semua yang lagi baca postingan gue kali ini terutama yang notabenenya mahasiswa, manfaatin waktu minggu tenang lo, sebelum berubah jadi waktu minggu resah lo! soalnya kuliah sama sekolah itu beda, oke..dulu pas sekolah nilai kita jelek pasti bisa remedial dan ketemu sama guru yang bersangkutan. tapi beda lagi men..sama kuliah, kalau nilai lo jelek, yaudah wassalam..itu tandanya lo mesti ngulang lagi di semester depan bareng maba alias adek kelas lo, ironis kan? emang!


2. Carmuk sama Dosen mata kuliah

hehe yoi..carmuk alias cari muka men sama dosen mata kuliah yang bersangkutan, lo carmuk bukan berati narik hatinya dosen, terus lo jadian sama dosen, bukan!! carmuk yang gue maksud disini lo deket sama dosen mata kuliah yang menurut lo itu mata kuliahan yang susah, contohnya fisika. lo deketin dia..belai rambutnya, colek dagunya terus kecup jidadnya hangat-hangat*loh 
iya kalau bisa lo bawain aja dosen lo itu nasi padang yang isinya rendang pasti dosen lo bakalan kelepek-kelepek dan yang pasti lo bakalan di lulusin men pada hari itu juga dengan akreditas cum laude!

3. Silaturahmi

ada baiknya minggu tenang sebelum UAS itu lo manfaatkan untuk silaturahmi ke siapa aja,kecuali..mantan kita yang telah mentelantarkan kita begitu aja!*huft 
kalau bisa sih ke temen-temen kuliahan lo yang menurut lo itu pinter, contoh silaturahmi ke dosen*loh
silaturahmi ke temen kuliah itu emang wajib sekligus penting, soalnya bisa mengangkat harkat martabat lo dan juga menolong nilai UTS ataupun UAS juga*asik

soalnya gue tau, pas UAS itu orang-orang atau temen kita itu lebih memilih individualis ketimbang musyawarah, beda sama sekolah. mungkin pas lo sekolah, ketika lo tengok kanan-kiri lo bisa dapet nomor yang belum lo kerjain, tapi beda pas kuliah ketika lo nyoba tengok kanan-kiri temen temen lo pada sibuk semua sama apa yang dikerjakannya men..! contohya gini waktu itu gue lagi ujian fisika terus gue nanya ke temen gue yang menurut gue itu pinter.. 

 gue : "men!! nomor 3 apaan..isinya?" 
 temen gue: "et sorry bro..gue beloman, belum gue isi!"
 *beberapa detik kemudian* temen gue ini ngumpulin..
  gue:"......................................ngehe..."

makanya men sering-seringlah silaturahmi sama temen yang menurut lo itu pinter, baik-baikin dia, traktir dia kalau kita lagi ulang tahun, bersihkan bibirnya make tisu kalau bibirnya itu ada nasi yang nempel, kalau bisa temen kuliah yang menurut lo pinter lo angkat aja jadi saudara lo<-Cerdas

4. Rajin beribadah

rajin-rajinlah beribadah soalnya itu perlu, apalagi kalau udah mau deket UAS.. berkumpulah sama para kiai dan ulama terus banyak banyaklah dateng ke masjid cari kotak amalnya kemudian ambil isinya*eh yoi..tuhan bakalan baik sama hambanya kalau hambanya itu deket sama dia, soalnya kita tau men.. banyak orang yang pengen nilai UAS nya bagus tapi jarang beribadah, sekalinya ibadah kalau lagi inget doang dan yang lebih parahnya lagi banyak orang beribadah kalau udah tua doang *huft

menurut agama gue, ibadah itu emang penting sekaligus wajib soalnya bisa mempermudah ketika lo lagi ada kesusahan dan ibadah bisa juga mempermudah ketika lo lagi kesusahan! insyaallah ketika lo sering beribadah pasti bakalan ada aja men..solusinya dalam menjawab soal-soal UTS maupun UAS*asik 

5. Istirahat

lo tau gak ciri-ciri orang yang udah beranjak dewasa itu seperti apa? simpel sih liat aja kalau dia lagi motong rambut, kalau dia bayar 8rebu berarti dia masih anak-anak tapi kalau dia bayar 10rebu berarti dia udah dewasa-_-

cara bedain orang yang udah dewasa tau
masih anak-anak

yaps..ciri-ciri orang yang udah dewasa itu sih cukup dibilang mudah ya, ketika weekend tiba dia lebih milih diam dirumah istirahat ketimbang nongkrong-nongkrong di fly over. 

yoi men..hal yang bisa lo lakuin di minggu tenang itu adalah istirahat, ketika lo mulai lelah belajar lo bisa istirahat. soalnya gue pernah baca, kalau istirahat setelah belajar itu baik buat perkembangan otak, dan istirahat yang pas itu adalah tidur! nah..kita tau kan..tidur itu adalah cara tuhan mem-pause kan kegalauan kita soal duniawi, makanya ketika lo mulai penat soal dunia lo maka tidurlah~ *asik #SalamSuper

nah..semoga dari poin-poin diatas ada hal yang bisa lo perbuat di minggu tenang lo sebelum UAS, daripada minggu tenang lo, lo pake buat hal-hal yang ngingetin lo sama mantan, mendingan lo pake buat belajar, soalnya belajar itu pangkal sukses! dan cewek itu suka sama cowok yang sukses and ketika lo sukses..jangan khawatir pasti banyak orang yang suka sama lo bahkan yang tadinya mantan-mantan lo mencampakkan diri lo, siapa tau dia bisa balik lagi ke pelukan lo ketika lo sukses nanti *kibas poni*

3 komentar: