Kamis, 01 Mei 2014

KAMPRETNYA JALANAN IBU KOTA


Rabu sore kemarin gue sama temen gue abis pulang dari warteg, soalnya mamah gue kebetulan hari itu kagak masak soalnya lagi ada keperluan keluarga gitu, alhasil gue cuma dikasih jatah uang doang sama mamah gue buat nyari lauk, untungnya hari itu ada temen gue si ucok, dia cuma mau main aja sih sama gue, tapi gue udah tau sebab musababnya ucok main ke rumah gue, ya bener banget si ucok kalau main kerumah gue itu cuma mau nyari sesuap nasi doang.

berhubung waktu itu mamah gue udah pergi dan kagak ninggalin lauk di meja makan si ucok temen gue ini galau tingkat planet Saturnus. soalnya gue tau dia belum makan dari 3 windu yang lalu.
untungnya gue baik hati dan tidak sombong, uang yang tadi dikasih mamah gue itu gue beliin lauk, niatnya sih uang yang tadi dikasih mamah gue tersebut mau gue tabung buat masa depan gue dan istri gue kelak.

tapi apa boleh buat, cacing di perutnya ucok pada ngamuk udah kayak ormas preman lagi arisan.
yaps, akhirnya gue beli juga lauk diluar sana. letak rumah gue ke warteg itu lumayan jauh, yaudah gue ke wartegnya naik sepeda motor.

diperjalan gue ke warteg itu cukup dibilang sulit, soalnya medan yang gue tempuh untuk sampe ke warteg itu gak mudah, gue mesti melewati gunung, air terjun dan lembah *yakali-_-*
iya cukup dibilang sulit, soalnya macet udah gitu banyak ibu-ibu amatir yang baru bisa naik motor, gue emang agak kesel sama ibu-ibu yang suka lalu-lalang dijalanan, soalnya beliau tersebut belum punya skil dalam berkendara. contohnya gini! ibu-ibu naik motor, ngasih sen-nya ke kiri tapi beloknya malah ke kanan, diklakson-nin tangannya geter udah mau jatoh *huft



makanya sob, kali ini gue mau ngebahas soal jalanan ibu kota kita sendiri sob, ya bener banget jekardah~ 
cerita sedikit, gue punya kakak sepupu namanya Rojali *nama disamarkan jadi nama asli* -_-
iya kakak sepupu gue ini bang jali kuliah di luar negri, di jepang. ini serius loh, gue kagak bohong :)
kakak sepupu gue itu setiap tahunnya balik dari jepang, tepatnya sih pas hari raya idu fitri.

biasanya kalau kakak sepupu gue itu balik, dia suka cerita sama gue kalau di jepang itu beda banget sama indonesia, apalagi kalau udah ngomongin soal "Jalanannya!" hampir setiap hari kagak ada macet, kata kakak sepupu gue itu. makanya kakak sepupu gue betah ngampus disana.
beda lagi sama jakarta, udah jalanannya macet udah gitu polusi dimana-mana dan rata-rata hampir yang bawa kendaraan itu kalau lagi bawa kendaraannya kagak pernah make otak sob, bawannya mau ngebut aja.  gue yakin tipe pengendara seperti ini punya moto hidup kayak gini!


 kampret banget emang itu moto hidupnya-_-, oke langsung aja dah sob ini dia hal yang membuat jalanan ibu kota jadi kampret, cekidot!!

1. Macet

kemarin sore gue abis aja movie maraton dilaptop gue, kebetulan sore itu gue nonton fast and furious 6, gue ngeliat adegan-adegan aksinya dijalanan, sumpah keren banget! tapi yang membuat itu menjadi keren menurut gue bukan mobil ataupun artis yang membawakannya sob!

menurut gue yang membuat itu semua jadi keren adalah jalanannya kagak macet, iya coba deh lo liat di filmnya. jalanannya lowong banget, jarang banget di film tersebut ada adegan macet, coba aja jakarta jalanannya kayaknya gitu pasti gue yakin banget hampir setiap orang yang punya mobil kalau ditikungan pasti selalu nge-drift-_-


2. Banyak Joki amatiran

yang gue maksud disini bukan joki three in one ya sob! yang gue maksud itu joki, si pelaku yang bawa kendaraan tersebut! gue yakin banget 8-10 pengendara yang ada dijalanan pasti rata-rata usianya masih dibawah umur, atau tepatnya sih belum punya SIM. -> gue sendiri masih belum punya SIM sih, hehehe-_-

iya gue kadang kesel, kesel banget kalau nemuin joki amatiran yang lalu-lalang dijalanan, rata-rata joki kayak gitu kalau bawa kendaraanya itu kadang kagak make otak sob, ciri-cirinya kayak gini! kalau bawa kendaraan bawaanya mau ngebut mulu, kalau ada ditikungan kadang suka kagak ngasih sen, kalau lagi kejebak macet suka mencet klakson kagak karuan!
maka dari itu sob, kalau lo nemuin orang kayak gitu dijalanan, orang kayak gitu wajib kita kelitikin perutnya.. make gergaji dan niscaya engkau pasti masuk penjara #SalamSuper

3. Banyak PKL di pinggir jalan

kadang gue suka iri aja sih kalau ngeliat jalanan negara lain terus dibandingin sama negara sendiri. bukan apa-apa, sesuatu yang dimiliki negara itu pastinya akan mencerminkan suatu bangsa sob *asik sotoy banget* waktu itu gue sempet nonton acara TV gitu, acaranya kayak gini...di acara TV itu suka nayangin kelebihan-kelebihan negara lain dan membanding-bandingkan dengan negara lain pula.

singkat cerita, kebetulan waktu itu topik acara TV tersebut lagi nayangin tentang jalanan. gue kagak tau itu negara mana, yang jelas jalanannya itu tertata rapi banget! kagak ada macet, kagak ada yang neko-neko dijalanan dan yang pasti kagak ada PKL yang jualan di bahu jalan men!

iya, kalau gue liat-liat sih jalanan di jakarta itu macetnya disebabkan oleh banyaknya volume kendaraan dijalanan dan sama banyaknya PKL yang diriin lapaknya di bahu jalan sob! gila gak kebayangkan tuh saking mau untungnya, malah ngediriin lapak dipinggir jalan. ironisnya sih gini men..kalau udah digusur sama satpol pp si PKL malah ngamuk, udah kayak Hulk.

4. Banyak orang nyebrang sembarangan

gue ini tipe orang yang gak sabaran ya, makanya kalau udah dijalanan ibu kota gue bisa baca istigfar sampe 1000kali dalam perjalanan. bukan cuma macetnya yang gak nahan, kadang gue kesel sama orang yang nyebrang sembarangan.

padahal udah ada jembatan penyebrangan, masih aja nekat nyebrang di jalanan yang notabenenya banyak mobil lagi kenceng-kencengnya! iya kadang kalau gue ngeliat hal seperti itu dijalan, bawaanya pengen gue jambak tuh orang make celurit-_-

5. Banyak Cabe-cabean

yang ngendarain cewek, naik motornya tumpuk tiga, bajunya ngetat dari toket sampe pantat, make hotpants kadang pendek cuma sampe paha, pahanya betotol banyak cupangan, rambutnya pirang bukan karena diwarnain itu gara-gara kejemur matahari, motornya bebek, knalpotnya berisik banget udah kayak terompetnya malaikat isrofil 'sangkakala' dan yang terakhir kalau ngendarain motor suka SMS-an sambil tawa-tawa cekikikan udah kayak kuntilanak kesurupan.

KOK LO TAU SIH DIK?
iyalah, itu kan gue-_-

iya gue kesel banget sama cewek gaul macem kayak gitu, udah jalanan macet, banyak PKL dibahu jalan, polusi dimana-mana eh...ditambah pula sama kelakuan ciway binal kayak gitu.
kadang gue suka bingung apa visi misi cabe-cabean meramaikan jalanan ibu kota.
apakah dia lagi kampanye? apakah dia lagi test drive? entahlah yang jelas itu semua rahasia dibalik rahasia, ceilah..
                            
rajanya cabe-cabean

biasanya kalau gue nemuin cabe-cabean dijalanan, kadang suka gue pepet sob! bukan!!! bukan pengen minta nomor hapenya, itu sengaja gue pepet, biar dia minggir ke tengah jalanan, terus ketabrak sama teronton. kalau cabe-cabeannya macem nikita mirzani sih gak apa-apa, mungkin gue bisa mandi wajib mulu setiap muter-muter jalanan ibu kota-_-

until the end of post..kayaknya segitu aja dulu sob tentang kampretnya jalanan ibu kota.. semoga itu semua bisa bermanfaat buat kalian yang hobinya muter-muter keliling jakarta. gue jadi inget apa kata bokap gue soal pembahasan kali ini, kalau kata bokap sih gini "orang yang pinter itu bukan orang yang menuju tempat lokasi dengan cara kebut-kebutan, tapi orang yang pinter itu menuju ke tempat lokasi dengan hati-hati dan mematuhi rambu-rambu yang ada" -Bokap gue. ceilah..






12 komentar:

  1. Yap, kalo dibandingin sama Jepang, negara kita beda jauh. Tapi kalo bisa masyarakat bisa tertib sih, bisa sama kayak di Jepang. Oh iya, setuju banget sama yang nomer 3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga aja masyarakat kita bisa mencontoh kayak negara jepang ya:))

      Hapus
  2. Buset dah itu foto cabe-cabeannya bikin ngakak. Hehehe. Nice post!

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. "banyak cabe-cabean" ~____~ wkwk
    Salam kenal yaa!

    BalasHapus
  5. Postingan bagus, #Blogwalking :)

    Mampir + komentar juga ya disini

    http://ekienglandmuse.blogspot.com/2014/05/dear-kamu.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sob, pasti bakalan gue tinggalin jejak di blog lu :D

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Blogwalking jam segini, dapat postingan begini. Alhasil ngakak abis dah subuh-subuh. Btw, dulu pernah tinggal di Jakarta sob, cuman sebulan. Ga tahan, balik lagi ke Kaltim. Jalanannya emang ngeri, dulu dari halte busway mau nyebrang aja butuh waktu 3 hari 2 malem. :))

    Nice post, salam kenal sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe thankyou sob:D waduh itu belum seberapa sob, waktu itu gue mau nyebrang aja butuh 1 dekade malahan;p

      Hapus