Senin, 28 April 2014

SUKA & DUKA-NYA PASCA UJIAN NASIONAL


Kemarin pagi gue abis aja selesai makan, niatnya pagi itu gue mau main ke rumah temen gue si ucok. karena semalem kita berdua udah janjian lewat surat menyurat. ceilah..
tapi apaboleh buat mamah gue waktu itu juga ada keperluan mendadak , yaps..bener banget nganterin adek gue yang TK sekolah. yaudah pagi itu gue anterin mamah gue sama adek gue yang TK ke sekolah, biasanya emang gitu tiap pagi gue rutin banget jadi tukang ojek mamah gue sama adek gue buat nganterin adek gue ke sekolah *huft

Tapi diperjalanan pas gue nganterin mamah gue sama adek gue ke sekolah, gue jadi teringat masa-masa gue dulu pas sebelum menjelang ujian nasional, yaps..dulu pas belum ujian nasional gue selalu berangkat pagi pulang pagi, *alah..macem kupu-kupu malem aja*
iya bener gue berangkat pagi pulang sore, soalnya waktu itu kan guru gue lagi ngejar target buat nyusun strategi gimana supaya anak muridnya bisa dapet nilai yang memuaskan.

dan ketika ujian nasional udah selesai gue lewatin gue ngerasa luang banget ya..walaupun tinggal nungguin pengumuman lulusnya doang. jadi terpaksalah hari-hari yang gue lewati disisa hari gue, gue jalanin cuma tidur-tiduran dan ngebangke dirumah sambil ngebrowsing lowongan kerja.


dan disela-sela itu, gue jadi inget jargon anak sekolah jaman sekarang  "kalau masuk sekolah pengennya libur, tapi kalau libur pengennya masuk"  yaps..gue jadi keinget kata-kata tersebut! gue jadi mikir emang enakan sekolah daripada libur, soalnya kalau sekolah itu kita bisa ngobrol sana-sini sama temen-temen kita, jepret-jepretin tali beha temen perempuan kita dan yang lebih asiknya lagi itu dapet uang dari orang tua kita;)

selama gue dirumah gue kagak pernah dapet sepeserpun rupiah dari orang tua gue, soalnya gue juga tau orang tua gue nyari uang bukan buat gue seorang, karena anak dirumah bukan gue seorang doang.
dan asal lo tau aja ya, orang tua gue itu kagak mau ngasih uang ke anaknya dengan cara cuma-cuma sob, orang tua gue itu tipe orang tua yang kalau ngasih uang ke anaknya itu mesti difikir dua kali dan selektif banget! terutama mamah gue! beliau bakalan ngasih gue uang, kalau gue masuk sekolah doang. bukannya beliau pelit ya, mamah itu kagak mau aja uang yang dikasih ke anaknya itu gak bermanfaat terus abis begitu aja.

karena gue tau,ya bokap nyari uang itu susah jadi wajar ajalah kalau mamah gue selektif banget kalau mau ngeluarin uang, ya walaupun mamah gue bukan akuntan tapi kalau soal duit siapasih yang kagak bisa, nenek-nenek yang lagi sakaratul maut aja juga bisa ngitung uang.
maka dari itu sob kagak enaknya pasca ujian nasional tuh gini! uang menipis,jatah buat beli pulsa pun juga kronis.
makanya kali ini gue mau ngebahas tentang suka dukanya pasca ujian nasional sob, oke langsung aja dah ini dia cekidot!!

1. Bokek

gue punya motto hidup ketika gue masih aktiv-aktivnya masuk sekolah ini dia moto hidup gue "I go to school it's not because they want a smart, but in order to get money from my parents"#Cerdas


hehehe iya gue kesekolah itu bukan pengen pinter, tapi pengen nyari uang doang, mungkin kalau orang tua gue tau soal ini bisa dipecat kali ya gue sebagai anak. kenapa gue punya moto hidup seperti itu? gampang aja sih jawabannya, sedikit cerita..

waktu itu gue lagi buka facebook dan gue inget apa kata temen gue difacebook ya walaupun gue gak kenal siapa dia, iya waktu itu dia nge-apdet status, dan statusnya kayak gini.."pinter itu bukan berasal dari lembaga formal aja, coba liat thomas alfa edison, walaupun gak sekolah tapi beliau bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat pada dunia" gue yang baca aja agak sedikit risih pertama kali pas gue ngeliat status kayak gitu, tapi gue iseng-iseng aja ngebrowsing, bener apa kagak thomas alfa edison itu kagak sekolah di sekolahan formal, dan yaps singkat cerita ternyata bener thomas alfa edison itu kagak sekolah layaknya temen-temenya yang ada dibangku sekolah pada waktu itu.

jadi gue ambil kesimpulan, kalau pinter itu gak cuma dari sekolah aja..sekolah cuma nyediain fasilitasnya aja, tapi yang menentukan pinter atau enggaknya kita itu berasal dari diri kita sendiri sob! 
kok jadi panjang banget ya-_- yaudah intinya itu pasca ujian nasional itu emang bener-bener membuat dompet gue bokek, bukan cuma dompet aja yang bokek, hati juga ikutan bokek *nangis dibawah sutet*

2. Jarang beli beli pulsa

 mungkin gue bisa hidup tanpa makan dan minum, tapi gue kagak bisa hidup tanpa internet *hiks <-korban globalisasi
iya mungkin sebagian siswa masih bisa hidup tanpa makanan, tapi tanpa pulsa mungkin mereka pada galau, apalagi bagi mereka-mereka yang lagi memadu kasih sama pacar-pacarnya, oh iya apalagi kalau LDR! 

yaps, pasca ujian nasional itu emang identik sama siswa yang jarang beli pulsa, soalnya kenapa? ya balik lagi ke poin nomor 1 yang diatas, bener banget jarang dapet duit alias bokek klimaks!
untungnya sih gue kagak punya cewek, ya walaupun hati ini emang agak terasa nyesek sih kalau ngeliat orang yang lagi pacaran bawaannya pengen gue bom aja make bom nuklir! 

kayak temen gue si ucok, dia jarang dapet pulsa dari oprator, dan lebih nyeseknya lagi dia itu punya cewek. dan itu artinya kalau lo jarang beli pulsa, itu sama aja berbanding lurus lo kagak ngasih kabar ke cewek lo. kan lo tau sendiri sob sifat cewek itu kayak apa, pengen selalu dapet kabar dan dikabari oleh cowoknya. 
maka dari itu sob, buat kalian yang lagi ngalamin pasca ujian nasional dan lo punya cewek, udah putusin aja! 

3. Ngebangke di rumah

ini adalah hal yang paling gue keselin dari dukanya pasca ujian nasional, emang bener enakan sekolah! kalau sekolah kan kita masih bisa beraktivitas, ngobrol sama temen, cabut ke kantin, main poker disudud kelas dan masih banyak lagi pokoknya.

dirumah gue cuma bisa tidur,makan, boker dan begitupun kemudian dari hari kehari. belum kalau orang tua gue ngomel! orang tua gue itu kalau udah ngomel suka berubah jadi pemain smackdown! orang tua gue risih ngeliat gue cuma bisa makan,tidur boker seharian. makanya mamah gue nyuruh gue buat nyari aktivitas, entah aktivitas yang ngasilin uang atau aktivitas yang gak ngasilin uang.

dulu gue sempet bilang ke temen gue, "kalau udah ujian nasional gue mau leyeh-leyehan ah../ males-malesan ah dirumah"  dan akhirnya gue nyesel sama perkataan gue tersebut! jujur aja sih awalnya itu emang enak, tapi pas udah kesiniinnya jadi risih sendiri, bingung mau ngapain uang gak ada mau beli ini itu susah, kalau mau minta uang pun harus ada alasannyalah..
maka dari itu men, buat lo yang lagi atau masih sekolah lo harus bersyukur lo masih bisa ngerasain yang namanya nikmat bercengkrama sama teman-teman kelas, jajan dikantin, jepret-jepretin tali beha dan nikmat dikasih uang sama orang tua lo-_-

4. Diomelin Ayah Bunda

iya bener banget, diomelin ayah bunda. seperti apa yang gue bilang tadi orang tua kita itu marah gara-gara ngeliat kita kerjaannya cuma makan dan tidur doang. 
waktu itu gue juga pernah di omeli sama orang tua gue, iya waktu itu gue lagi enak-enaknya makan maklum lah ya, kalau dirumah itu intensitas makan seseorang itu bertambah, belum ada 1 menit nasi turun ke lambung, gue udah nambah lagi.

iya kerjaan gue makan mulu, sampe-sampe mamah gue nyuci beras ampe 5 kali masak dalam sehari-_-.  dan disitulah mamah gue ngomel, katanya sih kerjaan gue cuma bisa makan doang, denger perkataan tersebut gue syok, gue bingung, gue harus berkata apa, paru-paru gue tuker posisi sama pangkreas gue.  denger perkataan mamah gue tersebut, akhirnya gue tekadkan intensitas makan gue, gue kurangin! tapi porsinya yang gue tambahin-_-

makanya sob kagak enaknya pasca ujian nasional itu emang kayak gini, mau gak mau pasti harus dijalanin. enaknya sih kalau kita abis pasca ujian nasional itu dapet kerjaan, ya seenggaknya buat ngisi waktu luang kita yang selama ini udah kita buang dengan cuma-cuma. oke tadi itu diatas dalah duka dari pasca ujian nasional, namanya juga hidup pasti ada suka dan dukanya dong, ada pro pasti juga ada kontra dong.
oke langsung aja ini dia sukanya dari pasca ujian nasional cekidot!!

1. Bangun gak harus pagi

dulu pas sekolah gue inget banget, abis shalat subuh itu gue langsung mandi dan nyiapin pakaian buat nanti kesekolah. belum lagi kita mesti berjibaku sama jalanan ibu kota yang macetnya itu udah kayak antrian loket kereta api distasiun gambir!

wah pokoknya kampret dah! campur aduk banget, tapi pas udah ngelaksanain ujian nasional itu semua terbayar lunas;) yang biasanya setiap abis shalat subuh gue mesti mandi, kini gue bisa leyeh-leyehan sama pacar gue, ya bener banget guling. <-jomblo banget
maka itu sob, buat kalian yang lagi atau masih sekolah jalanin aja, namanya juga hidup pasti ada yang diatas ada juga yang dibawah, pasti mau gak mau nanti suatu saat kalian juga bakalan ngerasain kok nikmatnya pasca ujian nasional :D 

2. Siang jadi malam, malam jadi siang


gue yakin semua orang yang ngalamin pasca ujian nasional pasti pernah ngalamin siang jadi malem, malem jadi siang. yaps, kita bisa nonton acara TV favorit kita ampe larut malem, atau kalau yang punya pacar bisa on the phone sama pacarnya sampe larut malem.
beda lagi sama yang jomblo, mungkin mereka tidur larut malem gara-gara gak bisa tidur soalnya dikeroyok sama nyamuk. kasian..

dan biasanya sob, momen kayak gini gue manfaatin buat nonton acara favorit TV gue, yaps bener YKS-_- enggaklah..kadang kalau gue tidur malem itu ada alasannya. Insomnia kalau enggak ada acara liga Champion.
penonton??? liat nih gigi gue!!
dan kebeneran waktu itu gue tidur malem lagi nungguin liga champion sob, soalnya dari dulu gue suka bola *asik* , buat kalian yang masih sekolah, sabar...suatu saat pasti kalian bakalan ngerasain kok nikmatnya tidur larut malem :P

3. Intensitas Makan dan Tidur ningkat

beda halnya pas gue masih aktiv-aktivnya sekolah, kalau dijam-jam genting biasanya gue lagi berkelahi sama soal-soal dan pembahasan yang dikasih sama guru gue, jadi waktu buat santai pun tersita!

tapi itu semua berubah ketika negara api menyerang, ketika pasca ujian nasional yang tadinya dijam-jam genting gue selalu berkelahi sama guru, kini gue bisa manfaatin jam-jam genting tersebut dengan tidur siang, kalau enggak makan *tsah~ 
buat kalian, yang masih sekolah, sabar.. inget loh, tuhan akan selalu bersama orang-orang yang sabar. macem gue ini, dulu gue sabar banget dalam menjalankan itu semua, dan yaps..emang bener sabar itu pasti akan membuahkan hasil yang manis, ceilah..

4. Banyak nonton TV 

ya bener banget, kalau udah pasca ujian nasional kadang kita bingung mau ngapain, kalau ke sekolah palingan cuma bengong kayak orang dongo, makanya momen pasca ujian nasional ini gue habiskan dengan nonton TV, mungkin bagi kalian yang punya pacar, pasti momen ini lo habiskan buat BBM-an kalau gak telfonan sama pacar kalian #IndahnyaYangPunyaPacar

tapi mungkin beda lagi buat yang jomblo, mungkin momen pasca ujian nasional dihabisakan dengan momen cuci kris, kalau enggak bakar dupa sambil mandangin foto mantan #NyeseknyaGakPunyaPacar
tapi untungnya gue single bukan jomblo, jadi gue fun-fun aja...mau gak punya pacar kek..gue tetep.............pilu *hiks

oke sob..kayaknya sampe disini aja dulu pasca ujian nasionalnya, berhubung jari jemari gue pada mengeluarkan urat udah kayak varises, gue sudahin aja dulu sampe disini, and last! I think personally, if asked to choose between school and unemployed. I would probably choose a school, because it could be the money! hehehe:)







1 komentar: