Jumat, 28 Juni 2013

flashback Bulan Puasa

gak kerasa ya, bulan puasa tinggal hitungan abad lagi baru kemarin kayaknya gue ngerasain takbiran eh sekarang udah mau memasuki bulan Ramdhan lagi. tapi gue tetep bersyukur bisa ketemu bulan puasa lagi, soalnya banyak orang-orang diluar sana yang belum tentu seberuntung gue, bisa ketemu lagi sama bulan yang penuh berkah ini:') *hiks hiks*
sebelum gue kupas lebih lanjut, ada yang tau gak sih puasa itu apa? ya..bener banget, puasa itu adalah kalimat yang diawali huruf P dan diakhiri huruf A -_- bukan...puasa itu tuh suatu kondisi dimana kita harus menahan nafsu men, baik nahan makan, nahan minum, nahan berbuat maksiat dan pokoknya nahan semua yang bada sangkut pautnya sama dosa dah men.. jadi kita dituntut untuk menahan segalah hawa nafsu. jadi udah tau kan puasa itu apa??:))
oh iya ngomongin bulan puasa, pasti diantara kalian udah ada yang tau dong tradisi-tradisi apa aja yang ada dibulan puasa? ituloh semacem kegiatan yang lo lakukan sehari-hari dibulan puasa, tapi yang menghasilkan efek samping yang tidak pernah terlupakan bahkan membekas banget dihati.... kalau gue sih banyak banget ya tentang memori-memori indah dibulan puasa, maka dari itu men.. gue mau berbagi memori-memori indah gue pas bulan puasa bareng kalian semua, pasti diantara kalian udah ada yang pernah ngelakuin tradisi-tradisi ini selama bulan puasa, oke..kagak mau banyak bicara langsung aja ini dia tradisi-tradisi dibulan puasa cekidot!!!


1.Shalat Tarawih berjama'ah


dulu pas gue mulai shalat tarawih itu, pas gue memasuki masa akil baligh men... dan gue enggak tau umur berapa gue udah mulai puber, tapi yang jelas pas gue mulai shalat tarawih itu muka gue udah sixpack banget, udah terlihat kayak om-om pecinta anak kecil gitu deh semacem pedofil baru akil baligh, yups... shalat tarawih itu menurut gue berkesan banget ya men.. soalnya menurut gue shalat ini berbeda dengan shalat-shalat yang tuhan perintahkan sama kita, yaa..mungkin istimewanya itu karena raka'atnya banyak kali ya, tapi enggak sampai disitu aja hal yang paling gue suka pas shalat tarawih itu adalah suasananya men!!! berbeda banget, apalagi shalat tarawih deket masjid di rumah gue, suasananya sih biasa-biasa aja, yang bikin luar biasa itu adalah suara anak kecilnya men. pas lagi bercanda-canda itu menurut gue yang luar biasa.
contohnya gini...pas imam udah selesai baca surat al-fatihah, terus anak-anak yang belum tau dosa ini pada ngucapin "amin-nya" itu pada main keras-kerasan. contohnya gini "aaaammmmmiinnnn........."  dan lebih gokilnya lagi itu pas anak-anak yang belum tau dosa ini udah selesai ngucapin amin, ada disalah satu diantara mereka yang nyauttin lagi kayak gini "aminnya lagi tidur....".  nah..ini nih suatu ciri khas dari shalat tarawih, yaa..maksud gue sih bukannya ngajak lo semua untuk bercanda pas shalat tarawih. lagian juga kita udah dewasa men, enggak malu sama umur? umur semakin tua, masa kelakuan masih kayak anak kecil :p

2.Perang Petasan & Sarung


yups..perang petasan sama sarung, didaerah rumah gue apalagi kalau menjelang imsak. banyak banget anak-anak yang seusia gue ini pada lari-larian kesana-kesini pada bawa sarung gitu, pas gue belum tau, kirain gue mereka bawa sarung itu pada mau pergi ke masjid men, dan enggak tau kenapa anak-anak yang otaknya dangkal itu pada gunain sarung mereka untuk tawuran gitu men..sama temen-temennya, bahkan lebih parahnya lagi ada yang gunai petasan buat ajang perang sarung mereka!!! gak habis fikir dah gue, ternyata anak-anak indonesia fikirannya masih pada primitif semua, yang seharusnya sarung itu digunakan untuk shalat eh malah digunain untuk tawuran. dan menurut gue perang sarung sama petasan ini menandakan suatu ciri khas banget yang melekat dibulan ramadhan, bayanginnya aja coba...setiap bulan ramadhan di daerah  rumah gue apalagi pas waktu imsak tiba, anak-anak yang otaknya isinya tai semua pada tawuran di depan rumah gue. yaa...ini gak patut dicontoh ya men... yang ini menurut gue ciri khas, tapi kagak mendidik banget.

3.Bangunin orang sahur keliling kampung


"sahur....sahur....sahur.....ibu...ibu...bapak-bapak.... yang lagi sunah rasul...hentiin dulu sunah rasulnya, mari....kita sahur....." bangunin orang sahur keliling kampung ini menurut gue suatu ciri khas banget ya dibulan ramadhan. cukup salut juga sih sama orang-orang yang rela-relain banget waktunya demi ngebangunin orang sahur, gue kayaknya harus banyak-banyak terimakasih nih sama orang-orang yang sering bangunin sahur. tidur gue aja kebo banget susah dibangunin, untung aja ada orang-orang yang berjiwa laki seperti mereka, entah bagaimana didunia ini kalau misalnya kagak ada orang-orang seperti mereka, mungkin pada kagak bangun sahur. ya.. tapi tetep aja sih walaupun kagak ada mereka, tapi masih ada mamah kita kok yang senantiasa rutin bangun pagi buat masakin kita sahur, iya kan?? tapi enggak tau deh gimana jadinya kalau diantara kalian itu ada yang sahurnya itu enggak dibangunin langsung oleh mamah kalian, pasti sedih ya. sama kayak temen gue ini, dia pernah curhat sama gue, namanya indah.. setiap sahur dia selalu masak sendiri, nyiapin makanan sendiri tanpa dibantu oleh orang lain ataupun mamahnya, soalnya mamahnya itu udah meninggal. jadi...buat kalian yang masih punya mamah, jaga ya..mamah kalian masing-masing, banyak loh anak-anak diluar sana yang bangun sahurnya itu kagak bareng-bareng lagi sama mamahnya:')

4.Buka bersama


buka bersama ini maksudnya membatalakan puasa dengan makanan atau minuman itu dengan bersama-sama atau dengan orang banyak. hal yang paling gue suka pas bulan ramadhan itu ya ini men...buka puasa bersama, apalagi bareng keluarga besar, kayaknya ada suatu kesan yang berbeda. yang tadinya kita buka puasa cuma ada bapak kita sama ibu kita aja, sekarang ditambah ada kakek kita,nenek kita,saudara kita,sepupu dan lain-lain. ini menurut gue suatu momen yang berbeda aja dibandingkan dengan buka puasa sendirian.
dan yang lebih menarik lagi itu...kalau disekolahan kita mengadakan buka puasa bareng di sekolah!! buka puasa bareng temen-temen yang ada dilingkungan sekolah itu menurut gue banyak banget men manfaatnyam salah satunya mendorong kita untuk mengenal satu dengan yang lainnya, contohnya gini kita bisa saling tatap muka dengan kakak kelas ataupun dengan adek kelas:) dan biasanya kalau nungguin maghrib sendirian itu kesannya lama banget, tapi pas lagi bukber sama temen-temen sekelas itu kalau nungguin maghrib itu kesannya kagak berasa banget, kan kalau buka puasa bareng temen-temen itu kan seenggaknya nungguin maghribnya itu kita bisa ngabuburit dan bernostalgia gitu men bareng temen kita, dibandingkan nungguin maghrib sendirian kesannya lama banget.

5.Takbiran


takbiran ini bisa membuat orang-orang sedih dan senang men... bagi orang-orang yang beriman pasti meninggalkan bulan puasa itu ada suatu kesan yang menyedihkan, misalnya gini takut untuk enggak ketemu lagi sama bulan puasa tahun depan.. dan senangnya itu kita bisa melewati tantangan selama bulan puasa dengan baik, apalagi kalau puasa kita full, pasti ada suatu kebanggaan sendiri men didiri kita. alhamdulillah sih selama gue masih TK, puasa gue selalu full men... bukannya sombong sih ya cuma FYI aja:) dan enaknya takbiran itu menurut gue suananya men..berbeda dengan malam-malam yang lainnya. soalnya malam takbiran itu kan diidentikan banyak suara-suara orang-orang yang bertakbir di dalam masjid dan itu suatu hal yang membuat berbeda dengan malam-malam yang lainnya... dan enaknya takbiran itu adalah...besoknya itu udah lebaran:D 


oke..kayaknya tradisi-tradisi tentang bulan puasa segitu aja dulu men... oh iya berhubung bulan puasa tinggal hitungan hari lagi..gue mau minta maaf sama kalian semua, kan lo tau sendiri maaf-maafan sebelum bulan puasa itu hukumnya wajib, supaya puasa kita lancar men...kata orang dulu sih gitu, jadi gue mau minta maaf sama kalian, yaaaa..walaupun pada hakikatnya gue kagak punya dosa sama kalian semua
:p  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar