Kamis, 20 Februari 2014

Paling takut, kalau udah disuruh maju buat ngerjain tugas!

akhirnya bisa beli pulsa modem juga, gak kerasa ya udah tinggal hitungan hari lagi, gue bakalan hengkang dari sekolahan tercinta gue *asik*
kata orang sih masa-masa sekolah itu indah! gue setuju banget nih sama poin-poin seperti ini. kayak cabut pelajaran matematika, tidur di kelas, ke kantin dan jepretin tali beha temen cewek gue. emang dah surga dunia banget, dan yang pasti ke absurdan kayak gitu kagak bakal lo temuin lagi ketika lo udah menjadi mahasiswa. yang ada lo udah sibuk sama urusan lo masing-masing, entah tugaslah, makalah lah atau skripsi ditolak dosen.

tapi ada juga yang gue keselin dari sekolah, kayak terlambat terus dihukum berdiri dilapangan sampe pulang, kagak ngerjain PR dihukum di suruh berdiri didepan kelas dan masih banyak lagi hal yang gue keselin dari sekolah.
kalau ngomongin sekolah itu pasti kagak bakalan ada habisnya, sama aja kayak lo ngomongin cinta! kagak bakal ada habisnya. soalnya sekolah itu mengandung banyak unsur cerita dan kenangan, apalagi kalau udah lulus.
pasti banyak banget kan hal-hal yang menarik yang gak terlupakan! kayak pacaran sama kakak kelas, pacaran sama adek kelas, pacaran sama ibu kantin, ngutang makanan sama ibu kantin, ngutang uang kas sama ketua kelas dan masih banyak lagi kenangan yang gak akan terlupakan.

maka dari itu sob, walaupun tinggal hitungan hari lagi gue pengen lulus gue pengen manfaatin waktu gue yang berharga ini, supaya suatu kelak nanti gue bisa nyeritain sama anak dan cucu gue kelak nanti *benerin kerah*
tapi bukan itu yang mau gue bahas, pasti kalian semua pernah dong maju ke depan kelas? entah disuruh sama guru buat ngerjain soal, atau disuruh ngapus papan tulis atau disuruh joget oplosan di depan kelas. pasti pernah kan? gue sering banget *curhat* sedikit cerita gue ini tipe murid yang bisa dikatakan goblok pinter. jadi biasanya anak yang pinter itu selalu jadi bulan-bulanan guru, entah itu ngebahas soal dipapan tulis, atau ngejelasin kesimpulan apa yang dibicarakan oleh guru atau hal bangke lainnya.



nah..pasti bagi kalian ada dong...pastinya yang gak mau kena tunjuk maju oleh guru buat ngerjain tugas dipapan tulis? apalagi kalau gurunya itu horror, udah kayak suzana.


maka dari itu sob, kali ini gue bakalan mengupas tuntas itu semua, tips dan trik cara menghindari,supaya lo enggak kena tunjuk oleh guru lo, oke langsung aja ini dia cekidot!!

1.  Pura-pura ke kamar mandi, terus gak balik-balik lagi

waktu itu kelasan gue lagi ada jadwal pelajaran matematika. udah gitu pelajarannya itu siang hari, dan gurunya itu killer! lengkap sudah penderitaan gue sebagai pelajar. biasanya kalau pelajaran matematika udah berlangsung, gue ngerasa diri gue itu siswa paling tolol di dalem kelas, ya walaupun di dalem kelas gue, masih ada temen-temen gue yang tololnya di bawah satu tingkat dibanding gue.

guru gue lagi ngejelasin soal-soal matematika di papan tulis, gue liat gerak-gerik guru gue itu, gue ini emang murid yang dianugrahi indra ke enam. soalnya gue bisa tau kalau gue bakalan ditunjuk oleh guru gue buat ngerjain soal. bukan gue geer, tapi emang bener, biasanya guru kalau udah nunjukkin hal yang gak wajar, kayak ngomongnya sedikit dipelanin, udah agak bingung mau bicara apa dan tatapannya tajam udah kayak elang di indosiar. berarti guru tersebut lagi membidik anak muridnya siapa yang akan ditunjuk nanti!

biasanya gue punya tips dan trik sendiri, ya bener banget! pura-pura ke kamar mandi terus kagak balik-balik lagi sampe jam mata pelajaran abis. gue cukup berhasil menekuni trik ini, lama-lama guru gue curiga sama gue. sampe pada akhirnya kayak gini...

"ada yang udah mengerti cara meletakkan titik potong X dan Y? iya..
dicka, coba maju kerjakan soal nomor 69"

"aduh bu..perut saya mules, saya ijin ke kamar mandi dulu bu.."

"ibu bakal ngijinin kamu ke kamar mandi, kalau kamu bener ngerjain soal nomor 69'

",,,,,,,,*tiba-tiba gue mati ditempat*,,,,,,,"


2. Jangan berlagak terlalu pinter, tapi jangan terlalu bego juga di dalem kelas

biasanya sih guru itu bakalan nunjuk muridnya di dalem kelas, kalau siswanya itu pinter, kalau enggak muridnya itu emang rada-rada tolol. makanya gue selalu nerapin trik ini didalem kelas kalau guru gue udah ngambil ancang-ancang buat nunjuk muridnya yang ada di dalem kelas.

kalau guru udah ngambil sikap ancang-ancang, hal yang musti lo lakuin itu jangan panik, jangan gaduh juga. yang lo lakuin adalah lo musti stay cool dan kalem, satu hal lagi! jangan berlagak sok pinter tapi jangan terlalu bego juga. soalnya guru bakalan nguji siswanya yang berlagak pinter sama tolol, cuma mau ngetes kemampuan mereka, sampe dimana kemampuan mereka.
makanya gue selalu stay cool aja kalau guru gue udah ngambil sikap ancang-ancang buat nunjuk ke gue

"dari soal titi potong koordinat diatas ada yang bisa mengerjakan?"

".....*gue tetep stay cool*"

"iya, dicka..coba maju ke depan kerjakan titik potong koordinat!!"

"..hft!!"


3. Selalu perhatiin kalau guru lagi nerangin

ini adalah hal yang paling ampuh biasanya yang selalu gue terapin di dalem kelas kalau lagi pelajaran matematika berlangsung. biasanya gue selalu merhatiin guru kalau beliau lagi nerangin, walaupun kagak ngarti tapi ya itu tujuannya, supaya kagak ditunjuk buat maju ke depan ngerjain soal dipapan tulis.

kalau gurunya kayak gini sih, sampe malem gue jabanin

biasanya guru itu selalu nunjuk muridnya, kalau muridnya itu gaduh sama kagak merhatiin apa yang sedang dibicarakan sama beliau. waktu itu gue pernah, guru gue lagi nerangin materi matematika aljabar, tapi gue lagi asik-asiknya cerita liga champion sama temen gue dan pada akhirnya gue kena momen paling bangke! iya bener banget..di tunjuk sama guru buat ngerjain soal di papan tulis.
ditunjuk guru pas lagi ngobrol itu emang paling bangke banget, belum ditambah sama malunya, kalau kita kagak bisa ngerjain dipapan tulis! yang ada guru bakalan mandang kita sebelah mata *tsah~*

"kemarin persija menang ya lawan barcelona 3-0.."

"iya, parah banget padahal main di camp nou, siapa yang gol-lin emang?"

"yang gol-lin bambang, assistnya victor valdes.."

"iya..dicka!! kamu yang ada dibelakang, coba kerjakan soal nomor 2 tentang aljabar.."

",,,,,,,,,"

4. Selalu bertanya sampe gurunya bingung mau jawab apa

"bu pacar ibu siapa?"

"ibu pernah cipokan bu sama pacar ibu?"

"ibu punya mantan gak?"

"ibu pernah gagal moveon gak bu?"

seperti kata pepatah, "malu bertanya sesat dijalan" biasanya hal seperti ini selalu gue terapin biar gue kagak ditunjuk sama guru buat ngerjain soal dipapan tulis, ini sengaja gue lakuin, karena semakin banyak pertanyaan yang kita ajukan ke guru, semakin lupa pula juga guru buat kepikiran nunjuk muridnya buat ngerjain soal di papan tulis! #cerdas

maka dari itu sob, gunakanlah waktu yang berhargamu buat nanya, iya nanya hal-hal yang gak bermanfaat supaya lo bisa terbebas dari tunjukkan maut dari guru lo! dan kalau bisa jangan sampe guru lo itu bertutur kata seperti ini -> "kalau sudah tidak ada yang mau bertanya, ibu yang akan bertanya balik kepada kalian!"

5. selalu ber-ikhtiar dan berdoa

namanya juga usaha, pasti disela-sela usaha dan perjuangan pasti selalu di dampingi dengan doa. karena menurut agama gue, doa itu adalah senjata terkahir, ketika kita udah gak mampu lagi buat berikhtiar! maka dari itu sob..ketika guru lo udah ngasih ancang-ancang mau nunjuk lo, hal yang lo lakuin adalah tetep stay cool dan berdoa. kalaupun lo udah bersikap tenang, tapi lo masih ditunjuk juga sama guru lo, mungkin ada yang salah dengan doa kalian! tapi kalaupun kalian udah berdoa sampe berbusa tapi masih ditunjuk juga, mungkin emang udah kodratnya dari tuhan! soalnya kodrat itu tuhan yang berkehendak! #salamsuper

oke dari tips dan trik poin diatas semoga bisa bermanfaat, khususnya buat kalian yang masih duduk dibangku sekolah hehehe. eiitss...tapi jangan negative thingking dulu ya, guru itu semata-mata nunjuk kalian buat ngerjain soal dipapan tulis itu ada gunanya juga loh! mereka itu gak mau ngeliat anak didiknya itu bodoh, tapi walaupun semata-mata ada gunanya juga, tapi tetep aja sih.. yang namanya ditunjuk sama guru itu bikin deg-degan, dan deg-degannya itu lebih deg-degan kayak lo mau ditembak sama gebetan lo sendiri *tsah~

2 komentar:

  1. Ngakak... tips bezt but klo ga bisa garap cuma di ceramahin...😒😒

    BalasHapus
  2. Ngakak... tips bezt but klo ga bisa garap cuma di ceramahin...😒😒

    BalasHapus