Kamis, 30 Januari 2014

NORAK THE PATH!


akhir-akhir ini gue sering banget merhatiin penyimpangan-penyimpangan, entah itu di dunia nyata, maya maupun ghaib. *sumpah yang ghaib itu bohong-_-*
bukannya apa-apa gue khawatir aja sama anak muda jaman sekarang, mau apa-apa diupdate, mau pergi di chekin di foursquare terus di conekin ke twitter sama facebook, mau makan makanannya di foto terus di aplod ke instagram. hadeh..what is the meaning aplod-_-?

gue mau cerita tentang temen gue yang kecanduan socmed, iya social media yang lagi ngebooming banget akhir-akhir ini. yaitu NGE-PATH, tapi kalau dibaca dibahasa indonesia-in jadi NGE-PET!
namanya ucok, waktu itu dia juara lomba balap keong antar sekecamatan kebetulan keongnya ucok nyampe duluan di garis finish, maka keongnya ucok lah yang jadi juaranya.

tapi gak disangka-sangka, pak camat yang ngadain lomba balap keong tersebut menyiapkan hadiah spesial buat pemenang pertama! yaps..smartphone canggih buatan steve job! iphone 5s!!!! dan saat itulah ucok sangat gembira akan kemenangan keongnya tersebut.
tapi walaupun ucok udah dapet smartphone canggih, sangat disayangkan ucok masih belum tau cara mengoprasikan smartphone barunya.



dan muncullah gue dari kegelapannya ucok, kalau dibilang gue ini bagaikan pelita-nya ucok. yang menerangi saat ucok kegelapan dan gue juga bagaikan air, ketika ucok haus *asik*
gue ngajarin banyak hal yang ada di dalam smartphone yang ucok dapet, gue sedikit iri ketika ucok dapet smartphone canggih! gue aja yang notabenenya agak lebih ganteng diatasnya ucok, gue cuma megang hape cina yang sekali jatoh udah sakaratul maut *pft

disitulah gue mengenalkan ucok berbagai macam aplikasi dan social media yang sering orang gunakan dismartphone canggihnya. singkat cerita gue ngenalin aplikasi yang namanya PATH! iya PET! itu adalah aplikasi yang lagi ngebooming banget, gimana gak ngebooming? setiap gue ngescroll timeline twitter gue, banyak orang yang apdet status di path, terus dishare ke twitter! entah itu momen tempat, lagu ataupun foto!

gue sebagai orang yang gak punya path merasa dengki, iyalah following gue rata-rata udah pada punya masa gue belom? tapi gak apa-apa.. itu gak membuat api semangat gue untuk ngajarin ucok nge-path tidak padam *benerin kerah*
hari demi hari ucok bimbel nge-path sama gue, akhirnya dia menguasai teknik-tekni nge-path yang ramah lingkungan.

tapi singkat cerita, ketika ucok udah mulai mahir menggunakan aplikasi path, gue sebagai guru yang telah mengajarkannya...si ucok lupa daratan. soalnya ucok makin kesiniin makin eksis, enggak cuma di path aja, ucok juga eksis di socmed manapun gak hanyak path!
gue sebagai mantan gurunya ucok merasa sedih, soalnya dia udah melupakan guru yang telah membesarkan namanya di social media, tiap kali gue buka twitter gue banyak apdetan ucok dari path yang dishare ke twitter. entah itu tempat, foto maupun listening lagunya!

gue liat listening lagunya ucok yang dishare dipath itu bervariasi, dari yolanda, bintang 14 hari dan juminten. itu semua judul lagu kangen band yang ucok dengerin di aplikasi path-nya.
akhirnya gue geram sama kelakuan ucok yang makin hari makin norak dan tak terkendali, akhirnya gue meminta bantuan dengan raja api ozai untuk menaklukan ucok, tapi sayang ucok sangat eksis...
itu membuat gue dan raja api ozai makin susah untuk menaklukan si ucok *alah ini apaan sih-_-*

iya tapi akhirnya ucok mendapatkan ilham dari yang maha kuasa, dia tersadar kalau ucok itu udah tersesat sangat jauh. makanya si ucok taubatan nasuha dan berjanji gak akan mengulangi kesalahan-kesalahan alay yang pernah ucok lakukan di path dan social media manapun.
ucok dengan gentle-nya jumpa pers di dunia maya secara tertutup. diam-diam dia gak akan lagi nge-alay di path, apalagi nyampah di path. gue sebagai guru yang udah ngajarin ucok kejalan yang bener gue bangga... dan akhirnya ucok pun tewas...*tamat*


makanya sob gue geram sama anak-anak jaman sekarang...sedikit-sedikit apdet terus dishare ke path, ada momen tempat atau lagu yang bagus, dishare ke path. itu menurut gue berlebihan banget! terus biar gak berlebihan gimana dong dick?
gampang...uninstal aja aplikasi pathnya, terus instal aplikasi friendster!

oke sob pembaca blogger gue yang budiman, kali ini gue bakalan membeberkan fakta demia fakta yang udah pernah gue liat secara mata telanjang, apa-apa aja yang udah dilakukan seseorang ketika nge-path! oke gak usah lama-lama langsung aja ini dia you must read!!

1.LISTENING LAGU YANG BERLEBIHAN

kemarin sore tepatnya pas gue lagi nongkrong di suatu mall di daerah jakarta (biar terkesan mewah)
gue iseng-iseng log-in ke akun path gue, lumayan lama loadingnya, maklum smartphone gue make kartu esia.

akhirnya kebuka juga akun path gue, tapi masih loading...soalnya baru aja kebuka, akhirnya loadingnya selesai, tapi pas gue mau nge-refresh temlen path gue, akhirnya loading lagi...yang memakan waktu yang cukup lama, sampe-sampe yang tadinya gue mesen kopi tadinya panas, akhirnya dingin, kayak mantan yang udah lama gak ketemu sekalinya ketemu ketus banget *tsah~

yaps..gue ngescroll temlen path gue, gue menemukan kejanggalan-kejanggalan yang menurut gue itu emang janggal! temen path gue namanya ucok, setiap detik ngeshare momen lagu-lagu yang dia dengerin. bakan belom sampe ada satu detik, dia udah ngeshare lagu kangen band yang ke sekian kalinya. bahkan sampe-sampe temlen path gue isinya ucok semua.
akhirnya gue mengurungkan niat, buat ngeunfriend si ucok, karena secara sengaja udah nyampah di temlen path gue yang suci itu *asik..

walaupun ngeshare momen dipath itu hak asasi setiap user, tapi gue yakin diantara temen-temen path lo, pasti ada yang merasa terusik akan berlebihannya diri lo, maka dari itu sob,,,gue ngajak lo semua nge-path lah dengan ramah lingkungan! jangan sebentar-sebentar ngeshare momen lagu, belum ada satu menit, ngeshare momen lagu lagi..., so..think smartlah!


2.NGE-SHARE FOTO SELFI BERLEBIHAN

jangan lo kira path itu sama kayak instagram! path itu beda, malahan beda banget! maksud fungsi fitur foto yang ada dipath itu, untuk ngabadiin momen tempat yang pernah lo singgahi...dan lebih tepatnya bermakna banget buat lo.

ini malahan berbanding terbalik, path udah kayak instagram...pas gue buka aplikasi path gue, gue banyak nemuin orang-orang yang nge-share foto selfinya ke path!! gue sebagai pelopor nge-path yang cinta lingkungan, gue shok dong..., masa path yang suci dan bersih ini harus dinodai dengan foto selfi yang gak karuan gitu?
makanya gue ngajak lo lo semua sob yang baca ini, tepatnya path user... smartlah dalam menggunakan aplikasi path.
"....sering apdet boleh, tapi jangan berlebihan":)

3.NGE-SHARE MOMEN TEMPAT BERLEBIHAN

1menit : at jamban with ucok (lagi boker)
2menit : at bendungan katulampa nih sama ucok (lagi berenang bareng)
3menit : at rumah sakit nih (soalnya ucok tewas kebawa arus bendungan katulampa)

yaps..pasti lo semua udah gak asing lagi kan sama fitur path yang satu ini, iya bener banget momen tempat! tapi pernah gak sih lo nemuin orang atau temen lo, belum ada 1 menit apdet tempat terus?
yaps..gue sering banget! gue sering banget nemuin makhluk-makhluk yang seperti ini yang berkeliaran di path gue!

coba deh fikir pake logika...mana bisa orang pindah dalam satu tempat ke tempat lain dalam waktu 1 menit, bahkan satu detik? enggak kan! kecuali kalau kendaraan lo itu burok, tunggangannya nabi muhammad saw, ketika isra mijaraj. baru gue percaya!

lah ini...belum ada satu detik udah nge-apdet momen tempat mulu, itu sih sama aja udah ketawan bohongnya! biasanya orang yang sering apdet momen tempat itu, biasnya pengen banget dibilang gaul!

so..gue ngajak kalian semua, supaya nge-path itu harus ramah lingkungan! seperti apa yang gue bilang tadi..apdet boleh tapi jangan berlebihan!:)

kayaknya itu sob...keanehan-keanehan atau fenomena yang ada dipath yang sering gue liat yang menurut gue itu berlebihan!
oke kayaknya segitu aja dulu sob, semoga dengan membaca postingan kali ini, lo menjadi user path yang ramah lingkungan :)



3 komentar:

  1. hahaha. si ucok udah kaya dunia lain aja. ada penunggunya pas dia masih binggung ngehape pinter

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, tapi untungnya dia udah kembali ke jalan yang bener...

      Hapus