Kamis, 23 Januari 2014

Fenomena yang sering kita jumpai di Twitter


malem itu adalah malem kamis, tandanya hari itu adalah hari rabu. semaleman gue dilanda galau, bukan karena cinta atau cewek, gue galau gara-gara tugas makin hari kian numpuk dan ujian praktek kelas 12 pun masih lontang-lantung dihadapan gue. itulah sebabnya gue galau semaleman suntuk.
tapi untungnya ada social media yang bisa membuat gue terhibur sedikit, ya walaupun sedikit tapi gak apalah yang penting ada sedikit pencerahan pada malem itu.

gue sempet terhasut oleh bisikan anak buahnya dajjal, yaitu setan! malem itu gue iseng banget emang, gak tau mau ngapain. semua yang gue lakuin kayaknya serba salah banget, sampe pada akhirnya munculah lintasan liar yang ada diotak nakal gue, gue kepikiran buat ngedownload film bokep, tapi itu semua berubah ketika avatar mengalahkan raja api ozai *ini apa coba?-_-*

iya, hampir aja gue terjerumus ke bisikan setan, tapi untungnya gue segera mendapatkan ilham dari tuhan dan akhirnya gue mengurungkan niat gue buat ngedownload film *uhuk* bokep...
tapi selepas dari itu, gue masih galau dan semakin malam galau gue makin menjadi.


saat itulah gue menyalakan komputer di rumah gue, singkat cerita gue buka akun twitter gue, gue ngescrolling dari atas sampe bawah dan makin kebawah. gue banyak menemukan hal-hal yang menarik di timeline twitter gue, entah itu akun yang menawarkan informasi aktual atau akun yang galau-galauan gitu bahkan sampe ada akun yang bisa gue sebut itu akun sampah timeline. atau bahasa gaulnya sih nyepam!

gue menemukan hal-hal menarik di dalam twitter gue, gue menemukan orang yang pacaran ditwitter, akun bola yang nawarin berbagai macam jersey, bahkan sampe hal ter-absurd yang pernah gue temuin! yaitu gue menemukan sebuah tweet, yang menurut gue itu emang aneh. bunyinya gini

"yah..dia balikan lagi sama mantannya, kayaknya malem ini musti ngemilin obat nyamuk bakar lagi deh...#pppfffttt"

gue bingung sama orang yang ngetweet kayak gini, dan yang ada dibenak gue pada saat itu adalah...apa hubungannya orang yang balikan lagi sama mantannya, sama obat nyamuk bakar? enggak ada kan? ya positive thingking aja sih, mungkin dirumahnya dia ada nyamuk. atau mungkin dia depresi?? gara-gara mantannya balikan lagi sama mantan terdahulunya?*eh

masih banyak lagi hal-hal yang aneh gue temuin di twitter gue pada saat itu, maka dari itu men gue tercetus banget pengen ngeposting tentang fenomena-fenomena yang sering terjadi di twitter. oke langsung aja ini dia cekidot!

1. Galau-galauan di timeline

tweet : "hmm..kok dia kagak ngasih kabar ya seharian ke gue? kemanasih kaammmoooo aku kangen keleus..!!!"

selain tempat untuk saling berkomunikasi satu sama lainnya, twitter juga punya fungsi lain yaitu sebagai tempat galau. ya bener banget selain tempat yang pas untuk berkomunikasi, twitter juga enak untuk di galauin, dulu juga gue pernah galau di twitter. cerita sedikit waktu itu gue baru aja putus sama mantan gue namanya indah, gue sayang banget sama dia. sampe-sampe gue nge-tweets galau 165 per-tweets permenit dan isinya galauan gue semua tentang mantan gue itu.

ya gitu emang, ketika di dunia nyata gak ada lagi kuping yang mau mendengarkan curhatan kita, twitter selalu setia dan setiap saat selalu mendengarkan keluhan yang ada di diri kita.  sampe pada akhirnya gue mikir, dan gue mikir lagi dan gue makin mikir lagi...kalau galau di socmed itu gak ada gunanya banget! dan gue makin dan makin mikir lagi, ketika kalian ngumbar-ngumbar kegalauan kalian di timeline itu sama aja ngumbar aib diri kita sendiri. orang yang galau itu otomatis kesadarannya itu menipis dan rapuh, biasanya orang kalau galau itu bisa ngetweets sampe tweetsnya itu overlimit, belum selesai sampai disitu...biasanya ketika lo overlimit otomastis lo sama aja nyampah ditimeline twitter, kan lo tau sendiri timeline itu bukan punya lo seorang, so...thinking smartlah kalau mau galau.

karena tempat yang pas buat digalauin itu gak musti twitter kok, kan ada orang tua kita, sahabat kita dan bahkan tuhan pun mau denger keluhan lo!
maka dari itu..sekarang gue gak pernah galau lagi di twitter, tapi sekarang gue galau di facebook-_-

2. pacaran di timeline

selain tempat untuk galau-galauan, twitter juga tempat yang ekonomis untuk pacaran, khususnya bagi para LDR. kenapa bisa gue sebut ekonomis? simpel aja sih, gak perlu lagi sama yang namanya SMS atau Telfonan. cukup ngaktivin paket aja lo bisa semaleman suntuk bahkan sampe lo gumoh pacaran di timeline!

tapi gitu resikonya pacaran di timeline, sering di sindir sama followers sendiri, biasalah followers yang nyindir itu biasanya jomblo garis keras, kalau enggak orang yang baru aja diputusin sama mantannya dengan alasan yang gak jelas. bawaannya sirik. sama halnya kayak gue, waktu itu gue baru aja putus dari mantan gue yaitu si indah, ketika gue ngescroll timeline gue, gue menemukan hal yang gue benci banget yaps..salah satu followers gue satu sama yang lainnya mesra-mesraan di timeline! pada saat itu juga gue ngemilin saripuspa.

emang bener, kadang suka risih sendiri sama orang yang pacaran di timeline. kesannya gak menghargai orang yang lagi kena musibah asmara, kayak gue ini *nangis dibawah sutet*
eh..tapi entar dulu, waktu gue masih punya pacar gue juga pernah kok pacaran ditimeline. dan gue akuin pacaran ditimeline itu emang enak, gak perlu lagi namanya takut pulsa kebuang atau pending! palingan cuma overlimit aja. itupun kalau overlimit kita bisa contact-an lewat direct message. itulah kenapa orang-orang lebih suka pacaran di timeline ketimbang SMS atau Telfonan.

tapi gue cuma ngasih saran aja sih, jadilah twitter user yang smart dan bertoleransi! dalam arti..smart dalam menggunakannya dan toleransi dalam hal berasmara, kalau lo punya pacar janganlah pacaran di twitter tapi di pacaranlah di friendster *pft

3.Twitwar

Tweet A : ih alay banget sih lo!

Tweet B : gue alay? ngaca kali! 

Tweet C : idih alay teriak alay masa!

udah ada yang tau twitwar itu apa? yang belum tau tenang..bakalan gue jelasin, twitwar itu adalah konflik yang terjadi di socmed terutama di twitter, contohnya kayak tweet diatas tadi, si A ngetweet buat D, tapi yang ngerasa malah B,C,D sampai Z.

fonomena twitwar bukan hanya terjadi sama orang biasa aja kok men... twitwar juga sering terjadi di dunia per-selebritian indonesia. contohnya farhat abbas vs ahmad dhani dan kayaknya masih banyak lagi yang lainnya.

sebeneranya twitwar sendiri itu bisa di cegah. caranya dick?
gampang kok, jadi orang jangan ke-geeran banget! kadang orang yang ngetweet yang mengandung unsur syara' belum tentu tweetnya itu untuk kita. so..makanya jadi orang jangan kegeeran bangetlah. kadang twitwar itu sama aja kayak php, kagak bakalan terjadi kalau salah satu pihak kagak mempunyai sikap geer yang over!

4. Selebtweet 

pasti diantara kalian udah pada gak asing lagi kan sama selebtweet? ya bener banget, akun yang followersnya banyak dan setiap kali ngetweet di retweet sama ribuan orang! tapi followers banyak belum tentu selebtweet. selebtweet sendiri bisa diliat dari seberapa banyak orang yang ngeretweet tweetnya.

selebtweet sendiri itu rata-rata kepemilikannya itu masih dipertanyakan, flashback ke twitter 2009-2010an, waktu itu gue baru aja bikin akun twitter, dan ditahun tersebutlah akun @poconggg lagi ngeboomingnya banget, bahkan jadi raja trending topik! setiap kali si pocong atau si arif muhammad ngetweet, bakalan jadi bahan perbincangan. sampe-sampe jadi trending topik *wuih..salut* *sungkeman sama bang arif*

tapi pada akhirnya si pocong mulai terungkap siapa dirinya dan masih banyak lagi kok selebtweet-selebtweet yang ada ditwitter.
tapi karena semakin jalannya waktu, kini makin banyak orang-orang yang ditwittter berlomba-lomba dan terobsesi menjadi selebtweet, bukan hal tabu lagi hal seperti ini men...
banyak cara yang ditempuh bagi sebagian orang yang terobsesi banget menjadi selebtweet di twitter, contohnya ngetweet sok bijak dan ngetweet cinta-cintaan, sumpah ini tai kucing banget hal seperti ini! bahkan sampe rela meng-copas tweet dari si selebtweet!
jadi menurut gue, buat apa mencari kepopuleran di dunia maya? mendingan ikutin aja sara dari gue, main twitter itu jangan niatnya untuk mencari followers banyak atau untuk mencari kepopuleran, tapi main twitterlah untuk saling berbagi:)



5. Followback or Unfollow?!

ini pasti bukan hal yang tabu lagi buat kalian yang sering twitteran, yaps bener banget ketika lo mau menjadi temen dengan orang-orang yang ada ditwitter, otomatis kalian bakalan ngefollow akun yang kalian yang mau kalian jadikan temen.

tapi kadang gue suka kesel sendiri sama orang yang tiba-tiba ngefollow terus ngeunfollow cuma gara-gara kagak di followback, sedikit cerita waktu itu pernah ada salah satu followers gue yang tiba-tiba ngeunfollow gue cuma gara-gara udah dua abad kagak gue followback-followback akun twitternya, padahal gue sendiri pun kagak tau dia itu siapa?! so...wajar dong kalau gue kagak followback followers gue yang murtad itu?

lagi pula apa untungnya sih coba saling ngefollowback, tapi kagak saling deket? terus buat apa coba saling ngefollowback, tapi satu timeline tak saling sapa? coba..buat apa coba? gue bakalan ngefollow atau ngefollowback seseorang kalau dia itu idola gue atau enggak temen gue atau juga kalau dia itu sering ngetweets bagus dan inspiratif dan inovatif.
jadi faham kan kenapa ada sebagian orang di twitter ada yang mau ngefollowback kita dan ada juga yang gak mau ngefollowback kita?!

oke...kayaknya fenomena yang sering terjadi ditwitter itu aja, sebenernya masih banyak lagi yang belum terkupas lebih dalam *asik*
berhubung jari jemari gue udah pada bengkak udah kayak overdosis hormon testosteron, gue akhiri dulu postingan gue kali ini!

3 komentar:

  1. hahaha. ampe bengkak. pantesan aja jarang nampak artikel barunya *TepokJidat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya nih bro, maklum soalnya jadwal lagi padet:D

      Hapus