Kamis, 13 Februari 2014

Hal yang bisa dilakukan siswa, ketika ulangan Matematika

tinggal hitungan hari lagi ujian nasional tiba, tapi gak ada rasa deg-degan sama sekali di diri gue, gak kayak anak-anak sekolah lainnya. yang lainnya pada nyari bimbel sana-sini, ngebahas soal-soal UN sama guru-guru tercintanya...tapi cuma gue doang kayaknya yang gak mainstream seperti siswa-siswi lainnya *benerin jambul*

berhubung gue ganteng, gue mau ngebahas beberapa hal tentang sekolah, ya..sekolah! dulu pas gue masih belum ternodai sama om-om pedofilia, gue semangat banget sama yang namanya sekolah, apalagi sama pelajaran-pelajarannya.
jaman gue pas masih playgroup dulu, matematikanya masih gampang-gampang, rumusnya pun udah diluar otak semua, tanpa ngeliat pun gue bisa. lama-kelamaan ketika gue ternodai oleh om-om pedofilia, seketika level kesulitan matematika itupun meningkat! yang tadinya nilai ulangan gue selalu diatas 100, kini ulangan gue selalu dibawah 0.

kebayangkan...bocah sejenius gue aja bisa dapet nilai dibawah 0 ketika ulangan matematika! tapi itu semua gak merubah sikap gue putus asa dan nyerah begitu aja. gue semangat belajar dan semangat nelaah-nelaah soal-soal yang salah ketika gue jawab pada saat itu.



tapi mau gimana lagi? otak buntu itu udah manusiawi, akhirnya gue buntu total ngerjain soal-soal matematika. akhirnya gue khilaf, gue menyimpang dari agam gue*yakale*
akhirnya tiba saatnya ujian semester, semua mata pelajaran berlalu kecuali matematika! gue berharap pada saat itu, gue bisa dapet wangsit ketika ngerjain matematika.

berjam-jam gue nungguin wangsit tiba,  2 jam gue pejamkan mata gue sambil komat-kamit sambil memegangin soal matematika. dan sampe tiba saatnya bel pun berbunyi tapi wangsit belum tiba juga. akhirnya guru pengawas ruangan gue ngambilin kertas jawaban murid-murid yang ada di dalam kelas pada saat itu. mau gak mau kertas gue diambil oleh guru pengawas gue dengan bangkenya!!
yang gue kesel pada saat itu adalah, wangsit belum tiba, tapi pengawas udah tiba.. 
akhirnya gue pulang dengan harapan kosong, gue berharap ada guru yang baik hati mau ngisi lembar jawaban matematika gue *hft

oke kali betapa pilunya kan nasib gue sebagai pelacur pelajar? tapi kali ini gue mau berbagi kisah *asik* iya gue mau berbagi kisah gue, apa ajasih yang dilakuin siswa-siswi ketika lagi ulangan matematika? oke langsung aja ini dia cekidot!

1.Bobo

ini kisah nyata bukan rekayasa, waktu itu hari selasa keliwon, jadwal ulangan hari kedua pada jam pertama itu kebetulan matematika, pelajaran yang bisa membuat siswa-siswi meninggal diusia muda.
dan kebetulan juga yang ngawas ruangan gue itu killer, namanya bu Bambang! ketika beliau memasuki ruangan kelas, aroma mistis langsung tercium sangat kuat....dan tercium bau anyir darah di sudud pojok kanan dan kiri kelas, di pinggang bu Bambang terselip benda pusaka orang jawa, yaitu kris, kris tersebut disisipkan dipinggangnya bu Bambang, mungkin bu Bambang sengaja bawa kris, supaya anak-anak pada saat itu kagak berani nyontek *yakale....*

"selamat pagi anak-anak..." 
*sapa bu bambang dengan pelan, dengan tatapan tajam seperti naga indosiar*

"selamat pagi bu..."

"oke...taruh tas kalian di depan, yang ada cuma pensil, penghapus dan contekkan! karena kali ini saya berbaik hati, jadi kalian...saya ijinkan menyontek..."

",,,,,,,"

iya, biasanya kalau lagi ulangan matematika itu, jam berdetak begitu lama, gak kayak ulangan-ulangan lainnya. maka dari sob,waktu itu gue sebagai siswa yang bisa dikatakan bajingan.... gue manfaatkan waktu yang berharga itu untuk bobo siang!
biasanya emang gitu sob, kalau otak udah buntu pasti disitulah ngantuk mengambil alih fungsi otak kita. maka dari itu....bobo ketika ulangan metematika itu halal! iya halal....kalau enggak ketauan sama pengawas *hft

2.melukis di kertas coretan

iya, biasanya kalau ulangan matematika. kita selalu dikasih 3 lembar kertas. kertas yang pertama itu kertas soal, kertas yang kedua itu kertas jawaban dan yang terkahir itu kertas coret-coretan, yang fungsinya itu sebagai nyari jawaban make rumus.

tapi ketika raja api ozai kalah lawan avatar, kertas coretan itupun berubah fungsi, yang dulunya sebagai coretan, kini berubah menjadi tempat hasrat siswa-siswi menyalurkan hobi melukisnya!
sama kayak gue waktu itu, waktu itu gue masih ganteng.

pengawas gue ngasih kertas coretan ke gue, berjam-jam gue gak berkutik dengan soal matematika yang dikasih pengawas. akhirnya gue bete dengan keadaan, gue salurkan aja hobi terpendam gue!
ya..bener banget ngelukis! banyak lukisan yang terlahir dari tangan gue, dari lukisan kartun sampe lukisan abstrak. tapi gue bangga sama diri gue, walaupun gue lemah dihitung-hitungan, tapi gue kuat di lukisan-_- *benerim kerah*

3. Bengong

selain ngelukis di kertas coretan, masih banyak lagi hal yang bisa dilakuin ketika lo lagi ulangan matematika. waktu itu gue lagi ulangan matematika, sumpah soalnya bikin moodboster gue ilang. akhirnya gue bingung mau ngapain, seketika itu juga gue menoleh ke temen gue, namanya ucok.
dia ada di belakang gue.

kirain gue dia udah selesai, tapi pas gue menoleh ke belakang, ternyata si ucok lagi bengong dan membisu. si ucok terpana memandangi soal matematika yang ada di hadapannya. gue cukup iba sama ucok pada saat itu, pengen rasanya gue belai kepalanya dan gue bisikan dengan pelan di kupingnya ucok "dasar tolol lu!" 

4. Ngupil


ini juga hal yang bisa dilakuin ketika lo lagi ulangan matematika, yaps...ngupil! kata orang, ngupil itu nikmat, apalagi kalau ngupil make tangan mantan *tsah~*
dan kata orang sih ngupil itu bisa lupa waktu, bener juga! akhirnya gue terapkan pada saat itu, kebetulan lagi ulangan matematika, gue gundah gulana banget.
akhirnya gue keingetan sama pepatah bangke yang pernah gue denger, "ketika otak kamu buntu, maka mengupilah..." 
akhirnya dengan hati yang ikhlas gue ngupil dari mulai sampe jam ulangan berkahir *hft

5. Twitteran

inisih tergantung pengawas kalian, killer atau enggak. waktu itu guru pengawas gue lagi baik, gak killer. kebetulan gue punya temen namanya ucok, gue liat dia kayaknya lagi sibuk banget. kirain sibuk ngitung, ternyata sibuk nge-tweet.
akhirnya gue login ke twitter gue, dan ternyata ucok nyampah di TL gue!
banyak update-tan gak bermutu dari ucok, bahkan ulangan matematika ucok pada saat itupun dijadikan livetweet sama ucok.

@UcokC3l4luCemUngudh : "duh...matematika nomor 69 susah nih.."

@UcokC3l4luCemUngudh : "dapet rumus nih dari temen nomor 69, tapi gak tau cara ngerjainnya gimana :("

@UcokC3l4luCemUngudh : "ah pusing nih, itung kancing aja kali yah..."

oke kayaknya itu aja sob, hal-hal yang bisa lo lakuin ketika lo lagi ulangan matematika.
tapi hal diatasi bisa lo rubah kok, kalau lo mau belajar sungguh-sungguh, soalnya gue selalu inget apa kata guru gue, "semua masalah di dunia ini pasti ada jalan keluarnya, tinggal pilih, mau pilih jalan keluar dan menyelesaikannya, atau lari dari semua masalah yang lo hadapi"  sama kayak matematika, ketika lo merasa kesulitan mencari jawabannya, maka menyonteklah... #SalamSuper

2 komentar:

  1. ada hal yang menjadi pertanyaan : "waktu itu gue masih ganteng"
    ada apa dengan kini ?

    BalasHapus
  2. haha beneran, waktu itu gue masih ganteng, udah gitu belum ternodai sama sekali *tsah

    BalasHapus